3 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Jiwa

mental health

Manfaat yoga untuk kesehatan mental dan jiwa ternyata lebih dari sekedar memperbaiki mood. Ya, mereka yang pernah melakukan yoga pasti setuju jika olahraga tersebut membuat perasaan lebih baik. Hal ini juga diperkuat guru yoga, Ashley Turner, yang berpendapat bahwa yoga merupakan kunci pemulihan mental dan jiwa.

Lantas bagaimana cara yoga memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental dan jiwa? Menurut Ashley yang juga merupakan psikoterapis berlisensi, ada beberapa cara yoga meningkatkan kesehatan mental dan jiwa, yaitu:

1.Manfaat Yoga membuat kita rileks.

manfaat yoga untuk relax

Gerakan yoga membuat sistem saraf tubuh berpindah, dari simpatik menjadi parasimpatik. Hal ini berarti tubuh mengalami perubahan status dari flight-to-flight menjadi rest-and-digest

Oleh sebab itu tak heran bila Anda jadi lebih rileks ketika melakukan yoga. Salah satu penyebabnya karena teknik pernapasan dalam saat berlatih mampu menenangkan sistem saraf sekaligus memperlambat flight-to-flight mode tadi.

2. Manfaat Yoga dapat membuat kita lebih aware.

manfaat yoga membuat kita lebih aware

Anda tak hanya jadi lebih kenal diri sendiri. Yoga juga membuat pecintanya lebih aware terhadap apa yang terjadi di luar maupun dalam dirinya. 

Salah satu contoh gampangnya soal makanan. Seringkali mereka yang mempunyai pola makan buruk tidak terlalu waspada dengan kebiasaan buruknya itu. Tanpa berpikir panjang, mereka hanya memasukkan apa saja yang ada ke dalam mulut. Mereka tak peduli apakah makanan itu sehat atau tidak karena tujuan utamanya hanya untuk kenikmatan atau supaya lekas kenyang.

Lain halnya bila Anda rutin melakukan gerakan yoga. Olahraga tersebut membuat pelakunya sadar tentang apa yang baik atau benar, dan salah. Faktanya, yoga mampu membuat pecintanya lebih aware sehingga kecenderungan memilih menu makan yang sehat juga lebih tinggi. 

Efek tenang serta meningkatnya mood yang ditimbulkan yoga juga mendorong pecintanya semakin senang berolahraga.  Gerakan yoga juga meningkatkan rasa percaya diri sehingga Anda berani menjadi diri sendiri serta mampu menghadapi segala tantangan yang ada dengan lebih bijak. Dalam hal ini tak ada lagi yang namanya egois, perasaan tidak aman, atau ketakutan akan apa kata orang mengenai Anda. 

3. Manfaat Yoga yang dapat memperbaiki hubungan dengan sesama.

manfaat yoga untuk relasi

Yang terakhir, semua sikap tenang, rileks, serta percaya diri yang ditimbulkan gerakan yoga pastilah juga berimbas pada hubungan dengan sesama. Dibanding sebelumnya, Anda jadi santai dan lebih mampu menerima serta berempati terhadap kekurangan orang lain. Sikap ini otomatis mengurangi risiko marah-marah, tidak terima, atau emosi negatif lainnya, baik terhadap orang serumah maupun teman yang menjengkelkan. Intinya, yoga mampu membuat sikap jadi lebih manis dari biasanya.

Nah, kita sudah menyimak bersama  apa saja manfaat yoga untuk kesehatan mental dan jiwa itu. Jika manfaatnya begitu positif dan menyenangkan seperti yang disebutkan tadi, maka tentunya tidak ada alasan untuk tidak berlatih yoga.