Cara Jitu Memperkuat Imunitas Tubuh dengan Senam yoga

Menurut instruktur Peloton Yoga Chelsea Jackson Roberts, yoga adalah praktik integratif yang dapat menghubungkan antara pikiran dan tubuh, dan ini cara jitu memperkuat imunitas tubuh ditengah pandemi Covid19.

Yoga dapat digunakan juga sebagai olahraga untuk me-manage stres yang kita alami selama waktu pandemi, dan juga membantu  memproses perubahan besar di dunia – “kata Jackson Roberts tentang melakukan yoga selama pandemi.

Dalam yoga, kita fokus pada tubuh, napas, dan gerakan – bahkan tindakan kita di dunia ini. Praktik dalam yoga secara khusus digunakan untuk mendapatkan landasan yang jelas, dan bergerak dengan integritas dan belas kasih, “tambahnya.

Studi membuktikan bahwa berlatih senam yoga menurunkan gejala depresi dan stres.

by Jacson Roberts

Tentu saja, orang telah lama beralih ke yoga untuk mengendalikan tingkat stres mereka. Sebuah studi di tahun 2018 menemukan bahwa depresi, kecemasan, dan stres menurun secara signifikan pada wanita setelah 12 sesi hatha yoga reguler, sementara sebuah studi tahun 2017 menentukan bahwa petugas pekerja yang mengambil kelas yoga di gym mereka selama dua-empat bulan mengalami penurunan stres yang sangat signifikan.

Jackson Roberts menjelaskan, “Karena yoga mengajarkan kita bahwa semuanya terhubung, yoga mendukung tubuh kita dengan cara yang bahkan dapat mengurangi dampak stres pada tubuh fisik kita. Ini juga memberikan peluang bagi kita mendengarkan pada diri sendiri dan slowing down tidak terburu-buru.

Ketika kita bernapas dan bergerak dengan fokus, kita mendapatkan waktu untuk refleksi diri dan bahkan menyantaikan fisik melalui postur yoga, “lanjutnya.

Yogi yang mempunyai semangat berlatih juga menyatakan, bahwa yoga adalah kunci untuk memperkuat imunitas tubuh serta kekebalan tubuh, karena latihan pernapasan yang diajarkan menawarkan teknik untuk menenangkan sistem saraf, dan secara langsung berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

Demikian pula, ada banyak teknik yoga yang dapat memperkuat sistem saraf dan “membersihkan” sistem limfatik kita untuk menghilangkan limbah dan racun.

Untuk praktisi yoga menengah dan lanjutan, saya selalu merekomendasikan posisi shoulder stand dan plow postures karena ini adalah pose utama untuk menyehatkan sistem limfatik, “kata Jackson Roberts.

Saya merekomendasikan pernapasan lubang hidung alternatif  (alternate nostril breathing) yang merupakan teknik yang digunakan untuk menyeimbangkan saluran hidung dan akhirnya memperkuat sistem kekebalan tubuh juga.

Untuk “menyehatkan serta memberikan boosting”  sistem saraf dan kekebalan tubuh, Jackson Roberts suka melakukan spinal twist ke dalam kelasnya.

Anda dapat melakukan spinal twist dengan duduk di kursi, di lantai, dan bahkan berbaring. Pada dasarnya, Anda menggerakkan bagian atas tubuh Anda dalam satu arah, sedangkan bagian bawah bergerak ke arah lain.

Saya suka membayangkan mengisi spons dengan cairan. Cairan tersebut mewakili stres dan racun. Ketika kita berlatih spinal twist, kita memperkuat sistem kita melalui gerakan dan melalui nafas.

Cara Jitu Memperkuat Imunitas Tubuh dengan Senam yoga 3
Spinal Twist di lantai

Masalah lain yang muncul bagi banyak orang ketika mereka bergulat dengan pandemi adalah gangguan tidur. Jackson Roberts menunjuk suatu penelitian di Universitas Harvard yang menggambarkan kemampuan yoga untuk membantu tubuh beristirahat dengan baik.

Istirahat adalah kunci untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, “katanya. Ketika kita mempraktikkan teknik yang ditemukan dalam yoga dan meditasi, kita melatih tubuh kita untuk merespons dengan cara reflektif terhadap faktor-faktor yang menyebabkan stres.

Jackson Roberts telah menjadi mahasiswa Yoga Nidra, teknik relaksasi yang secara langsung berdampak pada tidur dan istirahat, selama hampir 10 tahun dan dia “percaya diri” bahwa menjelajahi etos akan membantu orang.

Berlatih senam Yoga selama pandemi

Coba pose “legs up the wall” sebelum tidur.

Saya selalu merekomendasikan postur yoga restoratif yang disebut ‘legs up the wall,'”katanya.

Cara Jitu Memperkuat Imunitas Tubuh dengan Senam yoga 4
Coba posisi kaki diatas bersandar pada dinding sebelum tidur

Teknik ini dapat dilakukan dengan berbaring di tulang belakang Anda dan menggerakkan bagian bawah Anda sampai ke sudut di mana bokong bertemu dengan dinding. Pada dasarnya, tubuh Anda dalam kondisi L dan saya meminta siswa untuk mengambil lima hingga 10 napas dalam postur ini.

Cara Jitu Memperkuat Imunitas Tubuh dengan Senam yoga 5

Chelsea has traveled a unique path to bring her expression of yoga to both the tenured yogi and those who never believed the practice was for them. Chelsea received her Ph.D. in Educational Studies, making it her life’s work to study the positive impact that yoga has on communities. Chelsea believes that practicing yoga connects you more deeply to yourself and the world around you, making you happier and healthier in your daily life.