Tips Diet Bagi Yang Suka Begadang

Tips diet Anda dapat berawal dari kebiasaan tidur. Bagaimana bisa? Mungkin akan terasa sulit bagi Anda untuk melewatkan serial TV kegemaran Anda yang biasa menemani malam-malam Anda.

 

Namun, berhati-hatilah karena begadang dapat membuat Anda tidak sekedar lesu keesokan harinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa begadang dapat membuat kadar lemak dalam tubuh Anda meningkat. Hal ini karena bersamaan dengan begadang umumnya orang juga mengonsumsi makanan tinggi kalori pada malam hari.

 

tips dietDalam penelitian tersebut, para peneliti dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine melibatkan dua kelompok partisipan. Partisipan pertama terdiri atas 27 orang. Mereka tidur pukul 22.00. Sementara itu, kelompok kedua terdiri ataas 198 orang yang tidur pada pukul 04.00.

 

Dari penelitian ini ditemukan bahwa partisipan yang tidurnya lebih sedikit, mereka mengonsumsi sekitar 550 kalori karena mereka makan setelah rekan-rekan mereka pergi tidur. Setelah lima malam berturut-turut mereka baru berangkat tidur saat subuh, rata-rata mereka mengalami peningkatan berat badan lebih dari dua kilogram.

 

Menurut Andrea M. Spaeth, MA, seorang kandidat doktor di University of Pennsylvania, yang juga menulis studi tersebut, orang makan di malam hari karena berbagai alasan, antara lain makin lama Anda terjaga, makin banyak waktu Anda merasa harus makan. Selain itu, kurang tidur tampaknya juga meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makan tinggi kalori dan tinggi lemak. Hal lain yang kemungkinan membuat Anda makan di malam hari ketika begadang adalah makanan tinggi kalori dan tinggi lemak yang selalu tersedia di dapur Anda sehingga Anda sulit mengatakan tidak pada makanan tersebut.

 

Lisa Moskovitz, RD, CDN, pemilik Manhattan-based practice Your New York Dietician, yang tidak terlibat dengan penelitian ini pun setuju dengan hal ini. Menurut Lisa, orang kerap kali mengasosiasikan berada di rumah di malam hari dengan perasaan nyaman. Hal ini menyebabkan mereka menjadi tidak begitu peduli terhadap konsekuensi dari pilihan makanan mereka yang tidak sehat. Oleh karena itu, Lisa menyarankan Anda untuk mempraktikkan cara-cara berikut untuk menangkal keinginan makan saat larut malam, ketika Anda tidak bisa tidur lebih awal.

 

Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan, terutama jika Anda harus begadang pada malam harinya. Penelitian menunjukkan bahwa meninggalkan sarapan atau makan di siang hari akan meningkatkan keinginan untuk makan makanan tinggi kalori di malam hari.

 

Hindari makan camilan saat nonton TV

Jika Anda merasa lapar di malam hari, Anda dapat mengonsumsi camilan  sehat. Namun, hindari ngemil di depan TV karena tanpa anda sadari, Anda dapat makan terlalu banyak

 

Jauhi makanan tidak sehat

Buang jauh-jauh makanan tidak sehat dan penuhi dapur Anda dengan ragam makanan sehat. Jika teman atau keluarga membawakan Anda camilan yang tidak sehat, simpanlah di tempat yang tidak mudah dijangkau. Penelitian menemukan bahwa kita akan cenderung makan apa saja yang berada di tempat yang mudah diambil.

 

Carilah kesibukan

Lakukan kesibukan apa saja yang memungkinkan dan bermanfaat untuk menjauhkan Anda dari godaan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori.

Tips diet sederhana ini dapat menjadi penyelamat Anda dari obesitas jika Anda mau disiplin mempraktikkannya.

Tags: