10 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan yang Terbukti Efektif

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan ternyata tidak susah loh! Berat badan melar pasca melahirkan itu biasa. Jadi Anda tidak perlu stres dengan keadaan tersebut. Yang perlu dilakukan sekarang adalah mempraktekkan beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan di bawah ini, dan itu tidak sulit sama sekali.

1.Tidak usah diet

Berkebalikan dengan yang kebanyakan orang pikir, Anda tidak perlu diet jika ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan. Faktanya, diet justru menghambat proses penurunan berat badan.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu menurunkan asupan kalori kosong, yakni sumber makanan yang sarat lemak dan gula, namun tidak bernutrisi. Contoh makanan dengan kalori kosong yang dimaksud adalah junk food, kue, serta minuman manis, bersoda, atau yang mengandung alkohol.

super food - menurunkan berat badan
Super food

2.Konsumsilah superfood

Ingatlah bahwa pasca melahirkan, Anda masih harus menyusui si kecil. Oleh sebab itu, tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang melimpah. Karenanya, konsumsilah sumber protein seperti daging, ayam, hingga kacang-kacangan. Selain itu, perbanyak juga asupan sumber kalsium seperti susu, yogurt, atau keju. Terakhir, rutinlah makan superfood seperti salmon misalnya, mengingat kandungan DHA dan asam lemak omega 4-nya sangat baik untuk buah hati.

3.Bijak dalam memilih jenis camilannya

Tak ada salahnya bila ingin ngemil selagi menyusui. Yang penting, pastikan bahwa jenis camilannya baik dan rendah kalori, seperti buah segar, sereal tanpa gula tambahan, atau kacang-kacangan. Sebaliknya, hindari mengudap keripik atau makanan tinggi kalori lainnya bila ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan.

4.Menyusui buah hati

breastfeeding

Faktanya, aktivitas menyusui tidak hanya baik untuk anak namun juga dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan menyusui sama seperti berolahraga karena efektif membakar ratusan kalori per harinya.

5.Cukup minum air putih

10 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan yang Terbukti Efektif 1

Adakalanya tubuh merasa lapar, padahal yang dialaminya sebenarnya hanyalah sensasi haus belaka. Guna mencegah terjadinya makan berlebih akibat hal tersebut, cukuplah minum air putih.

Baca:   Rahasia Diet Pelangsing Perut untuk Orang Gemuk

Selain membuat perut kenyang lebih lama, cukup minum juga ampuh mencegah dehidrasi. Perlu diketahui bahwa dehidrasi sangat merugikan karena menghambat proses pembakaran kalori. Karenanya, ibu menyusui disarankan minum segelas air setiap kali sedang menyusui.

6.Berat Badan Akan Turun Jika Aktif bergerak

Ada banyak cara untuk mempraktekkan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan satu ini. Selain dengan berolahraga (atas seizin dokter), Anda juga dapat mengajak buah hati jalan-jalan keliling kompleks perumahan. Cukup lakukan selama 30 menit sehari sebanyak 5 kali dalam seminggu, dan lihat hasilnya.

7. Cukup tidur

Mungkin tidak mudah untuk mempraktekkan tips ini. Akan tetapi hasil penelitian menunjukkan ibu yang kurang tidur (tidak  lebih dari 5 jam per harinya) berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan dibanding yang cukup tidur (7 jam setiap harinya).

Karenanya, aturlah jam tidur buah hati dan lakukan berbagai cara untuk menjaga mereka agar tetap terlelap, misalnya dengan memandikannya menggunakan air hangat, menyanyi, atau membacakan cerita. Lakukan rutin supaya si kecil terbiasa dengan pola tidur yang ada, dan Anda juga dapat cukup tidur setiap harinya.

8.Makan lebih sering

Sama seperti cara menurunkan berat badan tanpa diet, perempuan yang baru melahirkan juga diimbau makan lebih sering jika ingin cepat langsing. Makan lebih sering mencegah Anda makan berlebihan sekaligus mempercepat proses pembakaran kalori. Pola ini juga membuat Anda lebih aware dengan jenis makanan yang masuk dalam tubuh sehingga Anda tidak makan sembarangan.

9.Sabar

Butuh proses, waktu, dan juga kesabaran bila ingin kembali ke berat badan semula seperti sebelum hamil dulu. Untuk itu, hindari menetapkan target turun berat badan yang tidak masuk akal seperti lebih dari 2 kg setiap minggunya.

10.Minta bantuan ahli

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang terakhir adalah minta bantuan pakar gizi. Tips ini diberikan terutama untuk Anda yang tetap kesulitan menurunkan berat badan meski sudah mencoba berbagai cara di atas. 

Baca:   5 Modifikasi Gerakan Yoga Untuk Penderita Sakit Pinggang Bawah

Nah, tidak sulit kan ternyata cara menurunkan berat badan sehabis melahirkan? Tunggu apalagi? Yuk kita coba bareng-bareng agar badan tidak melar dan kalian juga bisa kembali fit!