Tips Memilih Makanan untuk Diet

Apakah anda sedang menjalankan program diet? Atau anda ingin menjalankan program diet? Jika ya, berarti info berikut layak untuk anda simak. Karena artikel ini akan membahas mengenai cara untuk memilih makanan utuk diet.

makanan untuk diet

Memiliki tubuh yang ideal tentunya menjadi idaman bagi setiap orang, baik bagi kaum hawa maupun kaum adam. Untuk mendapatkannya, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan program diet.  Jika anda sedang berdiet maka anda harus memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang tetap bisa anda nikmati meski dalam program diet.

  1. Makanan rendah kalori.

Banyak orang yang beranggapan bahwa beberapa jenis snacks seperti keripik dan cupcakes yang memiliki 100 kalori adalah jenis makanan yang sesuai untuk program diet. Namun, seberapa benarkah pendapat tersebut? Menurut para ahli, makanan dengan jumlah kalori 100 aman dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan, tentunya makanan tersebut juga akan memberikan efek yang negatif. Menurut Sandon, seorang asisten professor di University of Texas Southwestern Medical Center, sebelum mengkonsumsi makanan untuk diet anda sebaiknya melihat komposisi dari makanan tersebut. Menurut Sandon, makanan yang baik untuk diet adalah makanan dengan kadar lemak kurang dari 3 gram, 140 miligram sodium dan 15 gram gula.

  1. Makanan cepat saji yang sehat.

Jika mendengar kata makanan cepat saji atau “fast food” maka yang terbayang di benak anda adalah burger atau kentang goreng dengan kadar kalori tinggi yang tentunya harus anda hindari. Namun, hal tersebut tidak serta merta menjadi halangan bagi anda untuk menikmati makanan di restoran cepat saji. Ada beberapa menu yang tetap bisa anda nikmati meski anda sedang malakukan program diet. Menu-menu tersebut seperti Quiznos’ Flatbread Sammies tanpa keju dan dressing, small Honey Bourbon Chicken, Taco Bell’s Fresco-style items, McDonald’s Southwest salad dengan grilled chicken atau jenis menu yang lain dengan kadar lemak maksimal 6 gram.

  1. Makanan rendah lemak dan makanan bebas lemak.

Makanan jenis ini tentunya menjadi primadona bagi anda yang sedang diet. Namun, makanan sehari-hari anda kemungkinan memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, seperti yogurt, susu, keju. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir karena dewasa ini produk-produk olahan susu tersebut sudah diolah sehingga memiliki kadar lemak yang rendah bahkan bebas lemak. Yang perlu anda lakukan adalah pintar-pintar memilih produk yang rendah lemak atau bebas lemak.

Menentukan makanan untuk diet tidaklah sulit, asalkan anda mau lebih teliti memperhatikan komposisi makan yang anda konsumsi.