Manfaat Yoga Metransformasi Kesehatan

Yoga adalah seni olah pikiran dan raga yang berkembang dari tradisi spiritualitas menjadi olahraga populer, namun yoga berbeda dengan olahraga lain. Walaupun sifatnya tidak kompetitif, yoga dikenal memiliki berbagai manfaat mulai dari manfaat untuk tulang, otot, keseimbangan, berat badan, kondisi jantung, kondisi psikologis, postur tubuh, tekanan darah dan masih banyak lagi. Di Amerika Serikat saja, sudah ada 20 juta orang yang mempraktikkan yoga, dan banyak yang memeroleh manfaat dari melakukan yoga secara teratur. Manfaat yoga yang beragam pun dapat dirasakan secara berangsur-angsur.

 

Manfaat yoga yang beragam bisa dirasakan asalkan Anda melakukannya secara teratur. Akan tetapi, ada manfaat yang bisa langsung dirasakan setelah selesai melakukan yoga, dan ada yang baru bisa dirasakan setelah beberapa bulan dan tahun berlatih secara serius.

 

manfaat yoga

 

Manfaat Yoga yang Dirasakan Langsung

Walau banyak manfaat yoga baru bisa dirasakan setelah beberapa waktu, ada beberapa yang bisa langsung terasa setelah latihan, antara lain:

  • Menghilangkan stress dan pikiran lebih enteng. Aktifitas yoga bisa memacu aktifitas endorphin, serotonin dan menekan aktifitas protein berlebih yang bisa menyebabkan peradangan.   Sebuah studi di  2010 Boston University study membuktikan bahwa berlatih senam yoga selama 12 minggu dapat menurunkan kegelisahan dan menaikan  gamma-aminobutyric (GABA) levels di otak manusia (low levels of GABA have been linked with depression and anxiety disorders).
  • Meningkatkan fleksibilitas. Setelah melakukan pose-pose yoga, Anda akan merasa lebih lentur dan sendi terasa tidak kaku, terutama di bagian-bagian seperti bahu, kaki dan pinggang.
  • Penelitian baru di Norwegia menunjukkan bahwa tiap sesi yoga bisa mengubah ekspresi gen yang mengatur daya tahan tubuh sehingga lebih aktif.
  • Aktifitas otak meningkat sehingga pikiran terasa lebih jernih. Hal ini dibuktikan dengan penelitian University of Illinois yang menunjukkan adanya peningkatan fungsi otak pada partisipan yang melakukan hatha yoga selama 20 menit.

Semua manfaat ini bisa dirasakan asal Anda melakukan yoga dengan gerakan yang benar, sehingga tidak cedera dan merasa tak nyaman sesudahnya.

 

Manfaat Jangka Panjang Yoga

Selain manfaat yang dirasakan seketika, yoga juga memiliki manfaat jangka panjang, yang bisa dirasakan setelah beberapa bulan bahkan tahun melakukan yoga. Berikut beberapa manfaat jangka panjang yoga yang bisa dilakukan setelah beberapa bulan:

  • Menurut pilot studi di tahun 2009 oleh Dr. Loren Fishman, latihan yoga memberikan densitas pada tulang menjadi lebih padat. Dr. Fishman melakukan DEXA (bone mineral density) kepada 2 kelompok.  Satu kelompok diberi latihan yoga secara teratur selama 2 tahun dan yang lainnya tidak. Setelah dilakukan penelitan, ternyata kelompok yang melakukan latihan yoga mempunyai bone density yang lebih padat dari pada kelompok yang tidak melakukan latihan yoga.
  • Tekanan darah menurun sehingga sangat baik untuk penderita darah tinggi ringan dan sedang.
  • Memicu gairah seks dan kemampuan untuk orgasme. Menurut penelitian Harvard di tahun 2009 untuk Journal of Sex and Marital Therapy, hal ini sangat terlihat pada wanita karena membantu mereka mengurangi stress dan mengenali tubuh sendiri.
  • Mengurangi keluhan sakit kronis seperti sakit leher dan punggung bawah. Menurut studi West Virginia University, yoga bahkan lebih efektif untuk sakit punggung daripada terapi medis.
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru, terutama bagi praktisi hatha yoga yang menekankan pada teknik pernapasan.
  • Menurunkan tingkat gula darah dan membantu proses penurunan berat badan -à “Those practicing yoga who were overweight to start with lost about five pounds during the same time period those not practicing yoga gained 14 pounds,” study researcher Alan Kristal, DPH, MPH, told WebMD.
  • Meningkatkan keseimbangan, terutama bagi yang sudah lanjut usia, sehingga tidak mudah jatuh dan cedera.
  • Menurunkan resiko penyakit jantung – Harvard Health Publication

 

Setelah beberapa tahun melakukan yoga, Anda akan melihat bahwa ada manfaat yang lebih ‘dahsyat’ lagi, yaitu kepadatan tulang yang lebih terjaga saat menginjak usia lanjut, membantu Anda menjaga berat badan yang ideal, serta memiliki resiko yang lebih rendah untuk terserang penyakit jantung koroner, stroke, dan kolesterol tinggi. Hal ini telah dibuktikan dalam studi yang dilakukan Harvard University dan dipublikasikan di Harvard Health Publications.

 

Jadi, masih ragu untuk melakukan yoga? Dengan berbagai manfaatnya, yoga adalah salah satu olahraga terbaik yang bisa Anda mulai sekarang juga, tidak peduli usia Anda; yang penting, Anda harus pastikan bahwa Anda melakukan yoga dengan benar lewat kelas yang baik atau video dan buku instruksi yang bermutu.