Tips Mengobati Ginjal Bengkak Secara Alami

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk membuang sisa makanan dan racun yang diserap tubuh dari makanan. Organ ini mampu membuang 750 hingga 1500 mililiter cairan berlebih yang mengandung zat-zat berbahaya untuk tubuh setiap harinya. Bisa dibayangkan apabila terjadi gangguan pada alat pencernaan ini, misalnya ginjal bengkak, tentunya sisa makanan dan minuman tidak bisa dikeluarkan dari tubuh meski mengandung zat berbahaya.

 

mengobati ginjalPenyakit ginjal bengkak disebabkan karena adanya penyumbatan pada saluran ginjal oleh batu (biasa disebut batu ginjal). Selain itu, juga diakibatkan karena cairan yang kurang, infeksi berat, kekurangan darah serta zat kimia sehingga penyumbatan tersebut berakibat pada bengkaknya organ tersebut. Apabila telah terjadi, efek yang terlihat secara fisik adalah wajah yang pucat, kencing terasa sakit, nafsu makan berkurang, demam serta nafas yang sesak. Jika sudah mengalami gejala-gejala seperti ini, harus segera diwaspadai dengan segera melakukan pengobatan.

 

Ginjal bengkak secara umum terbagi dua, yaitu akut dan kronik Akut apabila masih bisa disembuhkan dalam hitungan hari atau minggu, sedangkan kronik lebih lama (hitungan tahun) dengan konsekuensi pengobatan yang juga menahun. Gejala akut misalnya nyeri pinggang, bengkak pada mata dan kaki, sering buang air kecil dan berdarah. Sedangkan kalau sudah masuk tingkat kronis gejalanya adalah kejang pada otot, badan bengkak, dan kekurangan darah.

 

Untuk mengobati ginjal bengkak secara alami, bisa dengan memanfaatkan bahan tradisional di sekitar Anda. Misalnya alang-alang. Tumbuhan ini bisa mengobati ginjal dengan cara direbus dan diminum rutin tiga kali sehari. Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi daun sukun yang dimasak dan dicampur dengan madu. Hindari mengkonsumsi sayuran seperti daun singkong, bayam, pepaya, daging merah, jeroan dan kangkung selama terapi.

 

Buah semangka juga bisa dijadikan obat alami untuk ginjal bengkak terutama mengkonsumsi bagian putihnya. Minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari bisa membantu mempercepat proses kesembuhan. Untuk memelihara ginjal dari kerusakan, direkomendasikan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dan karbohidrat, termasuk juga makanan yang diawetkan seperti kornet dan ikan asin. Jenis makanan tersebut bisa membuat fungsi ginjal semakin menurun.

 

Tags: