Camilan (Mungkin) Bisa Menurunkan Berat Badan

Makan camilan bisa menurunkan berat badan? Bisa jadi. Setidaknya itulah hasil penelitian dari Baylor College dan Luisinana State University. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah-buahan di antara jam makan cenderung lebih rendah kemungkinan untuk gemuk dibanding mereka yang sama sekali tidak suka mengemil.

menurunkan-berat-badan

Penelitian ini menganalisis data harian selama 24 jam dari National Health and Nutritional Examination Survei dengan membandingkannya kepada 18.988 orang yang memiliki kebiasan mengemil. Camilan yang menjadi favorit dari objek penelitian ini rata-rata mengandung kalori yang sangat tinggi, seperti kue kering dan kue basah. Namun mereka yang mengkonsumsi buah-buahan di antara makanan tersebut ternyata memberi dampak pada berat badan yang turun dibanding mereka yang hanya makan buah tanpa mengemil.

Penelitian di atas juga diperkuat oleh Rania Batayneh, seorang ahli gizi sekaligus penulis buku The One One One Diet. Menurutnya, camilan sehat justru membantu kelancaran metabolisme tubuh sehingga tidak membuat tubuh menjadi gemuk dan mampu mengontrol berat badan seseorang. Camilan sehat yang direkomendasikan misalnya adalah sop buah yang dinikmati saat cuaca panas. Namun buah yang dipilih pun harus selektif, seperti apel, mangga, pisang, semangka yang tidak memiliki kandungan lemak. Dan hindari penggunaan susu yang dicampur pada sop buah sebagai pemanis.

Selain itu, ada juga sale pisang yang bisa dikonsumsi sebelum jam makan. Kandungan gizinya yang tinggi bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan tentunya program menurunkan berat badan yang sedang Anda lakukan. Tentunya sale pisang hanya merupakan salah satu bentuk olahan, Anda bisa juga mengkonsumsi bentuk lain seperti pisang rebus atau pisang goreng yang menggunakan minyak rendah kolestrol.

Demikian pula dengan apel, buah yang kadar lemaknya nihil ini. Bentuk olahan seperti keripik apel yang banyak dijual terutama di kota Malang juga direkomendasikan untuk dijadikan camilan sehat Anda. Kandungannya sangat membantu program diet dan menjaga tubuh dari kelebihan bobot. Baik apel maupun pisang mengandung air yang lebih minim dibanding mangga atau semangka, cocok untuk memberi efek ‘kenyang’ pada lambung.