Makanan Sehat Bisa untuk Program Diet

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Seringkali menjadi pertanyaan, apa yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk? Jawaban rata-ratanya adalah karena terlalu banyak makan. Lalu apabila pertanyaan dilanjutkan, mengapa seseorang bisa makan lebih banyak dibanding yang lain? Karena orang tersebut sering merasa lapar. Maka untuk tidak menjadi gemuk, jangan terlalu sering merasa lapar. Caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

 

 

healthy_heart_foodsSalah satu makanan sehat yang direkomendasikan adalah makanan-makanan yang mengandung protein. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi American Society for Nutrition’s Experimental menyimpulkan bahwa semakin banyak konsumsi protein maka tubuh akan semakin terjaga dari kegemukan. Untuk membuktikan hasil penelitian tersebut, sebuah observasi dilakukan terhadap 36 wanita dengan mengamati sarapan pagi mereka. Jumlah kalori, lemak dan serat yang terkandung di dalam makanan mereka diberikan komposisi yang sama. Adapun protein sengaja divariasikan kandungannya. Rata-rata sarapan mereka adalah sosis kalkun, telur, sereal, susu, kue serabi dan sirup.  Objek penelitian diminta untuk mengukur rasa lapar sebelum sarapan dan setiap 30 menit setelah sarapan selama empat jam. Hasilnya, wanita yang mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi ternyata mengalami rasa kenyang yang cukup panjang serta hanya sedikit mengkonsumsi makan siang. Sementara mereka yang sarapan dengan protein yang lebih sedikit malah mengkonsumsi makan siang yang lebih banyak.

 

 

Mengapa protein bisa membuat perut merasa kenyang? Karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna protein di dalam perut sehingga seseorang merasa cepat kenyang. Sebaliknya, makanan berkalori mudah dicerna sehingga perut pun cepat ‘kosong’ dan kembali lapar. Itulah sebabnya mengapa protein dikategorikan sebagai makanan sehat karena mencegah orang terlalu banyak mengkonsumsi lemak.

 

 

Jadi, untuk mereka yang ingin diet tanpa harus merasa lemas, banyak mengkonsumsi protein seperti sosis dan telur saat sarapan adalah tips diet yang aman. Makanan sehat seperti protein sangat membantu menstabilkan gula darah juga, berdasarkan penelitian dari Hillshire. Protein sejumlah 39 gram jauh lebih baik daripada 30 gram dalam hal menurunkan gula. Artinya, protein membantu penderita diabetes untuk selalu terjaga kesehatannya.

Jadi, kapan mau mulai mengkonsumsi makanan sehat?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey”][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1436426573049-e178e963-9891-5″][/vc_column][/vc_row]