Cara Memperbesar Otot Tanpa Suplemen Obat

Pernahkah Anda melihat seorang binaragawan? Tentu sebagian orang akan mengagumi para atlet-atlet tersebut dalam konsistensi mereka memahat tubuh. Bahkan penyanyi top Indonesia seperti Agnes Monica pun rajin berlatih bersama Ade Rai demi memiliki postur yang indah dan berotot. Namun jika diperhatikan dengan lebih teliti, sebagian dari atlet tersebut tidaklah membentuk ototnya dengan murni latihan beban saja.

 

cara memperbesar otot tanpa suplemenBeberapa dari mereka bahkan ada yang menggunakan ‘alat bantu’ berupa suntikan hormon steroid dan juga suplemen. Padahal banyak cara memperbesar otot dengan alami dan aman bagi pencernaan tubuh. Penulis buku Layman’s Guide to Steroids, Mick Hart seperti yang diberitakan oleh The Guardian mengungkapkan bahwa penggunaan suntikan seperti itu 99 persen sangat berbahaya. Para penjual produk hormon ini selalu memberikan iklan menyesatkan tentang efektifitas memperbesar otot dengan steroid tersebut.

 

Beberapa olahraga standart sebagai cara memperbesar otot misalnya adalah push up. Fungsinya dua, yakni memperbesar otot lengan dan juga otot dada. Biasanya push up bagus dilakukan saat bangun tidur. Anggota TNI atau mereka yang sedang masuk ke masa penggemblengan secara fisik rutin melakukan aktifitas yang ‘melelahkan’ ini. Tentu harus memperhatikan pula cara push up yang benar agar tidak cedera dan hasilnya lebih optimal.

 

Cara memperbesar otot lainnya adalah dengan menggunakan barbel. Alat ini merupakan alat fitness sederhana dan bisa dibawa kemana pun Anda suka. Hindari menggunakan barbel dengan beban yang berat demi mencapai tujuan dengan cepat. Selain membahayakan, Anda akan merasakan nyeri yang berlebihan setelah berolahraga. Padahal tujuan untuk membentuk tubuh lebih berisi adalah agar postur tubuh lebih ‘enak dilihat’ dan bugar, bukan untuk mencederai diri sendiri.

 

Untuk melengkapi latihan beban, mengkonsumsi telur merupakan cara alami untuk mempercepat proses terbentuknya otot yang besar. Ade Rai sendiri mengakui bahwa setiap hari ia menghabiskan sedikitnya 40 butir telur. Menurutnya, telur mengandung kadar protein yang tinggi dan sangat bagus untuk otot. Selain dengan telur, cara memperbesar otot bisa dengan mengkonsumsi susu kedelai. Susu ini juga kaya dengan protein sehingga bisa membantu memulihkan dan membentuk otot-otot tubuh Anda.  Dan jangan lupa juga untuk selalu rajin minum air putih. Otot yang mengalami dehidrasi akan sulit untuk berkembang, apalagi kalau sering melakukan latihan beban. Air putih bisa mencegah tubuh mengalami gejala ini sehingga target membentuk otot bisa lebih optimal lagi.