8 Alasan Manfaat Yoga Bagi Pelari

manfaat yoga untuk pelari

Manfaat yoga tentunya ada banyak dan terdapat berbagai alasan mengapa yoga sangat bermanfaat bagi pelari. Menurut Holly Cooper selaku pendiri Holly Cooper Yoga, berlatih yoga secara teratur membuat pelari mampu berlari lebih baik dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan yoga membuat pelari jadi lebih:

1. Manfaat yoga menjadikan kita semakin kuat

manfaat yoga menjadi kuat

Gerakan yoga mampu menguatkan otot, baik yang sering digunakan saat berlari maupun yang tidak. Karenanya, risiko cederapun jadi berkurang, mengingat yoga terbukti efektif menguatkan otot core (inti batang tubuh), quads (paha), hamstring, serta panggul (hip flexors).

2. Fleksibel

manfaat yoga menjadi fleksibel

Lari memang menuntut kekuatan. Tapi di sisi lain, olahraga ini juga membutuhkan fleksibelitas gerak tubuh. 

Untungnya, kelenturan tersebut bisa dibangun saat tubuh mempraktekkan aneka pose yoga. Belum lagi, mayoritas gerakan yoga mengharuskan pelakunya bertahan dalam pose tersebut selama jangka waktu tertentu. Alhasil, otot, ligamen, serta jaringan penghubung jadi lebih elastis dan fleksibel. 

3. Baik soal teknik pernapasannya

manfaat yoga untuk teknik pernafasan

Sensasi kehabisan napas ketika berlari, entah lari cepat atau jarak jauh, dapat diminimalisir melalui Hatha yoga. Gerakan yoga tersebut membuat pelari sadar soal teknik pernapasan mana yang lebih tepat diterapkan ketika berlari. Contohnya, bila ingin lebih rileks saat berlari, maka bernapaslah lebih pelan. Sebaliknya jika ingin lebih berenergi, bernapaslah sedikit lebih cepat . 

4. Seimbang dalam berbagai aspek

Lebih dari sekedar menyeimbangkan tubuh serta pikiran, gerakan yoga juga mengajarkan pelari untuk lebih care terhadap kemampuan tubuhnya. Melalui yoga, pelari jadi sadar bahwa tubuh juga perlu istirahat, serta waktu untuk pulih atau sembuh. Inilah yang kemudian menyadarkannya agar tidak berlatih terlalu keras.

5. Baik mengenai postur tubuhnya

manfaat yoga untuk postur tubuh

Jika ingin lebih baik dalam berlari, hal pertama yang mesti dianalisa adalah apakah postur tubuh sudah benar atau belum. Postur tubuh yang keliru tentunya dapat menghambat ketangkasan saat melaju. 

Hal ini dapat diperbaiki melalui yoga karena kebanyakan gerakannya selalu mengajarkan teknik memanjangkan tulang belakang tanpa tekanan. Dengan begitu, postur tubuh sewaktu berdiri jadi lebih jenjang serta kuat. 

6. Manfaat yoga menjadikan kita semakin sehat 

Tak sedikit pelari yang mengeluhkan sakit punggung, entah karena posturnya yang salah saat berlari atau lainnya. Untungnya hal ini dapat dicegah dengan gerakan yoga yang ampuh untuk meregangkan punggung, misalnya cat pose, cow pose, atau gerakan memelintir tubuh. 

7. Rileks dan bebas stres

Selain bermanfaat bagi tubuh pelari, yoga juga berdampak positif untuk mental. Tak hanya membantu mengontrol emosi, teknik meditasi maupun relaksasi dalam olahraga juga menjernihkan pikiran dari kekhawatiran serta meningkatkan kualitas tidur malam. Dengan begitu, performa pelari ketika bertanding jadi lebih baik karena bebas dari stres. 

8. Kuat secara mental

Manfaat yoga bagi pelari yang terakhir masih seputar perkara mental. Di samping membuat rileks, yoga juga menjadikan pelari lebih konsentrasi saat berlatih atau bertanding. Mentalnya juga semakin kuat karena yoga membuat penggemarnya mudah puas; tidak gampang marah, minder, atau memaksakan diri.

Itulah 8 manfaat yoga yang dapat dirasakan oleh para pelari jika berlatih yoga secara rutin. Yuk mari kita coba !