Manfaat Yoga untuk Meningkatkan Gairah Seks

Manfaat yoga sangat banyak; mulai dari membentuk dan menguatkan otot tubuh, membakar lemak, menyembuhkan berbagai penyakit ringan, menguatkan tulang dan sendi hingga menghilangkan stress dan kecemasan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa yoga pun bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda? Penelitian terbaru Journal of Sexual Medicine telah mengungkapkan adanya hubungan positif antara intensitas latihan yoga dengan peningkatan gairah seks, bahkan pada wanita yang berada di usia menopause.


yoga untuk terapi seksPenelitian

Penelitian tentang manfaat yoga untuk meningkatkan gairah seks dilakukan terhadap wanita usia antara 30 sampai 60 tahun, rentang usia dimana kaum wanita sering mengalami masalah metabolisme yang terkait dengan kurang lancarnya peredaran darah serta proses pencernaan. 41 orang wanita yang disertakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok; 1 kelompok diberi program yoga 12 minggu, dan 1 kelompok lagi adalah kelompok kontrol (tidak diberi perlakuan).

 

Setelah 12 minggu melakukan yoga yang programnya diatur, para wanita tersebut mengalami perubahan positif dibandingkan yang ada di kelompok kontrol. Selain peredaran darah lancar dan fungsi-fungsi metabolis tubuh membaik, ternyata ada pula tanda-tanda peningkatan gairah seks, misalnya proses lubrikasi vagina yang lebih mudah, walaupun pada wanita di usia menopause.

Jadi, apa kaitan yoga dengan peningkatan gairah seks?

 


Penjelasan

Ada 2 pendapat di balik meningkatnya gairah seksual akibat yoga, terutama pada wanita. Yang pertama datang dari Timothy McCall, M.D. Dalam bukunya yang berjudul Yoga as Medicine, McCall menyebut faktor relaksasi dan penurunan stress yang dapat memengaruhi mental pelaku yoga, membuatnya merasa lebih santai sehingga metabolism lebih lancar, yang akhirnya memengaruhi produksi hormon serta kerja otak yang mengatur gairah seks.

 

Pendapat kedua datang dari Rak Sahelian, M.D. Dalam buku Natural Sex Boosters, ia menjelaskan peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh yang terlatih oleh yoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, sebagai alasan lain di balik meningkatnya gairah seks oleh yoga.

 

Jadi, jika Anda menemukan bahwa gairah seks melemah akhir-akhir ini, cobalah melakukan yoga secara teratur dan lihat perubahannya.