8 Tips Menghindari Sakit Pinggang

Duduk terlalu lama akan membuat otot pinggang bawah menjadi lebih pendek dan kaku.

Duduk di kursi dengan posisi sedikit merosot kebawah juga akan membuat otot perut dan bokong (glutes) menjadi kendur dan lemah.

 

Apabila anda harus duduk dengan waktu yang cukup lama, menjaga postur yang baik adalah kunci utama untuk menghindari sakit pinggang.

 

Cara duduk yang salah (slouching) atau duduk dengan condong ke kanan atau ke kiri adalah resep mendapatkan sakit pinggang. The National Institute of Neurogical Disorders and Stroke merekomendasikan kita untuk duduk di kursi dengan baik.

 

Apabila duduk di kursi dengan jangka waktu yang lama, Anda harus menganjal telapak kaki dengan sebuah balok (foot-stool). Apabila memungkinkan, ganti posisi duduk atau istirahatlah sejenak dengan berdiri dan berjalan di sekitar kantor.

 

cara duduk dengan baikApabila anda duduk di kursi kerja, ingatlah 8 tips dibawah ini untuk duduk dengan benar sehingga sakit pinggang akan terhindarkan.

 

  1. Duduklah dengan santai ke belakang sehingga punggung menyentuh sandaran kursi.  Apabila masih terasa jauh dengan sandaran kursi, anda dapat menganjalnya dengan bantal kecil.
  2. Jangan duduk dengan condong kemuka atau duduk di tepi kursi. Hal ini akan menyebabkan punggung bawah melengkung, bagian kepala ke posisi depan (menyebabkan iritasi otot pada leher), dan bahu akan melengkung ke depan.
  3. Buat santai dan rileks bahu anda. Jangan naikan bahu anda tetapi turunkanlah.
  4. Jaga lengan supaya dekat dengan tubuh.
  5. Pastikan siku menekuk pada posisi 90 derajat.
  6. Stretch bagian atas kepala ke ceiling, dan tahan dagu ke dalam.
  7. Jaga bagian atas punggung dan leher lurus atau jangan bengkok atau melengkung dan tahan perut agak kedalam.
  8. Taruh telapak kaki di lantai, dan pastikan jari ke muka dan sejajar dengan pinggang. Apabila memungkinkan, ganjal kaki dengan foot stool.

 

Cara lain untuk menghindari sakit pinggang tentunya dengan berolahraga secara teratur serta berlatih yoga. Ada beberapa posisi yoga yang sangat baik untuk membuat rileks bagian punggung atas maupun pinggang.

 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba body roller (Manduka belong body roller) untuk memijat bagian belakang tubuh sehingga rasa capai dan penat hilang.

 

by Morgan Sutherland