Skip to content

3 Cara memilih Matras Yoga yang Tepat

Cara Memilih matras yoga yang tepat adalah keputusan penting bagi setiap yogi. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membuat pilihan Anda, seperti jenis yoga yang Anda latih dan preferensi pribadi Anda.

Banyak pilihan yoga mat di pasaran, tapi sulit untuk mengetahui harus dimulai dari mana. Namun, kami ada cara solusinya dengan mempersempit pilihan Anda sesuai dengan metoda latihan, lokasi latihan serta preferensi dari bahan dari matras yoga.

cara pilih matras yoga sesuai personaliti Anda

Ketika berbicara tentang yoga, ada begitu banyak jenis dan gaya yang berbeda untuk dipilih. Apabila Anda berlatih Astanga, Bikram yoga, atau Power Yoga, Anda pasti akan mengeluarkan banyak keringat. Nah, untuk mempraktikkan jenis-jenis yoga ini, Anda membutuhkan matras yoga yang tidak licin meskipun telapak tangan Anda berkeringat.

Cara memilih matras yoga berdasarkan bahan dasar, bahan PVC Vs. bahan Karet

Pertama, Anda harus memastikan bahwa matras terbuat dari bahan yang tidak membuat Anda tergelincir, bahkan ketika telapak tahgah basah. Ada beberapa bahan berbeda yang menawarkan fitur non-slip ini, seperti PU (pulyerethane) di bagian atas dan kombinasi dengan bahan karet.

Yoga mat yang dengan fitur ini adalah:

  • Kurma Yoga Mat – GECO (100% rubber) – made in Spain
  • Manduka GRP – PU + Rubber – made in Spain (tidak di produksi lagi di awal 2023)
  • Manduka GRP ADAPT 5mm – PU+Rubber – made in Spain – matras dengan 2x anti slip.
  • Liforme – PU+Rubber – made in China
  • Lululemon – PU+Rubber – made in China.

Jika Anda tidak terlalu berkeringat atau lebih banyak berlatih yoga statis seperti Hatha yoga dan Iyengar yoga, maka matras yang cocok adalah bahan Polivinyl (PVC) dengan fitur closed cell. Matras ini mudah dibersihkan, sangat tahan lama, dan tidak mudah kotor karena debu dan kotoran tidak masuk ke dalam pori-pori. Juga tidak mengundang jamur.

Baca:   Yoga Mat Review: Matras Yoga Liforme dan Lululemon

Memilih yoga mat juga harus dilihat dari ketebalannya. Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, matras yang lebih tebal (diatas >5mm) dapat membantu mengurangi dampak pada sendi Anda. Jangan memilih matras yang tipis dibawah 4mm.

Cara memilih matras yoga bagi Yogi yang sering bepergian

Ketika Anda seorang yogi yang suka bepergian, penting untuk memiliki matras yoga yang bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Tetapi dengan begitu banyak jenis dan ketebalan matras yoga yang berbeda di pasaran, bagaimana Anda tahu matras yoga mana yang tepat untuk Anda?

Berikut adalah panduan singkat untuk membantu Anda memilih matras yoga terbaik untuk kebutuhan Anda:

Jika Anda mencari matras yoga yang ringan dan mudah dibawa bepergian, pilihlah matras yang lebih tipis (1,5 mm hingga 3 mm). Matras ini juga bagus jika Anda mencari matras yang mudah dikemas dan dibawa bepergian.

Contoh jenis matras yoga ini:

  • Tortue Stickymat 3mm (disc 20%, terms and conditions applied) – sangat ringan 1.1kg, tetapi masih mempunyai densitas yang bagus. Buatan dari Jerman 185cmx60cmx3mm. Sangat awet, cocok untuk bepergian. Closed cell dengan bahan PVC. Bagi yang ingin lebih tebal dan melindungi siku dan lutut, bisa memakai Stickymat 4.5mm, dengan berat yang masih ringan yaitu 1.3kg
  • Manduka Superlite 1.5mm. Berat 1kg, dapat dilipat. Bahan 100% dari karet. 180cmx61cmx1.5mm. Banyak warna menarik.
  • Manduka PRO Travel 2mm. Berat 1.5k buatan Jerman. Closed cell dari PVC. Ini adalah versi manduka PRO dan PROlite tetapi yang tipis. Buatan Jerman – tidak di produksi lagi di awal tahun 2023.

Apa pun jenis matras yoga yang Anda pilih untuk traveling atau sering berlatih diluar rumah, pastikan matras tersebut adalah matras yang membuat Anda merasa nyaman dan memenuhi kebutuhan Anda.

Baca:   Kurma GRIP vs Manduka PRO Series: Memilih Yoga Mat yang Tepat

Apakah Anda mempunyai Alergi?

Jika Anda mencari matras yoga yang tidak akan menyebabkan reaksi alergi, Anda sebaiknya menghindari matras dengan bahan karet dan memilih matras yang terbuat dari PVC. Bahan PVC, adalah jenis yang sering digunakan pada matras yoga buatan Jerman, karena materi dapat tahan lama dan memiliki cengkeraman yang baik. Dengan teknologi yang baik, PVC menjadi tidak beracun dan hipoalergenik, menjadikannya pilihan yang baik untuk orang-orang dengan alergi atau sensitivitas. Sebagai catatan, semua bahan PVC dari Jerman harus sesuai dengan sertifikasi Oekotex 100 (manduka, kurma dan tortueyoga)

Bahan PVC dari China Vs. Bahan PVC dari Jerman

Jika Anda sedang mencari matras yoga baru, Anda mungkin bertanya-tanya tentang berbagai jenis bahan PVC yang digunakan dalam matras. Secara umum, bahan PVC dari China sangat berbeda dengan PVC dari Jerman.

Bahan PVC dari China lebih mudah rusak, dan pecah. Bahannya juga lebih mungkin mengandung bahan kimia berbahaya. Untuk alasan ini, penting untuk memilih matras yoga yang dibuat dengan PVC dari Jerman.

PVC dari Jerman memiliki kualitas yang lebih tinggi, dan kecil kemungkinannya mengandung bahan kimia berbahaya. Bahannya juga lebih tahan lama, menjadikannya investasi yang lebih baik dalam jangka panjang.

Ada begitu banyak matras yoga yang berbeda di pasaran, mungkin sulit untuk memilih yang tepat. Tetapi jika Anda mengingat faktor-faktor diatas, Anda pasti akan menemukan matras yang sempurna untuk latihan yoga Anda.