Mengenal Gerakan Yoga Revolved Triangle (2)

Jika pada  tulisan sebelumnya telah dipelajari cara menggunakan lantai untuk menunjang gerakan yoga Parivrtta Trikonasana, maka pada tulisan kali ini akan dibahas cara kedua yaitu dengan memanfaatkan alat bantu kursi. Gerakan ini disebut sebagai Revolved triangle with foot on chair.  Pada pose ini, kaki akan dibantu oleh kursi dan juga dinding. Tujuannya agar memperoleh keseimbangan dan memudahkan Anda untuk memperpanjang dan memutar tulang belakang sehingga bisa lebih optimal.

Untuk melakukannya, pertama kursi harus ditutup dengan matras atau selimut dan posisi kursi harus membelakangi dinding. Hal ini dimaksudkan agar tumit tidak terlalu sakit ketika diletakkan di atas kursi dan posisinya pas di sandaran kursi. Berdirilah menghadap ke kursi dengan mengangkat kaki kanan Anda, tempatkan bagian belakang pergelangan kaki kanan di atas kursi belakang.

Mungkin perlu menggeser kursi satu atau dua inci dari dinding agar bisa cukup untuk mendukung pergelangan kaki Anda ketika melakukan gerakan yoga ini. Tekan kaki ke dinding dan luruskan kaki utama Anda. Sementara kaki yang satu lagi harus lurus dan sebisa mungkin benar-benar vertikal. Kaki bawah lalu diputar dengan tumit mengarah ke dalam dan mata kaki menghadap ke luar. Dengan posisi seperti ini akan lebih stabil ketika membentuk revolved triangle.

Panjangkan tulang belakang Anda dengan memaksimalkan lengan ke langit-langit sambil menarik perut ke bawah. Kemudian angkat dada dan lebarkan lengan seperti pose Warrior II. Putarlah jari kiri ke dinding sehingga ada stabilitas tambahan bagi tubuh Anda. Dinding, sama seperti kursi, membantu menyempurnakan gerakan yoga ini. Berhati-hatilah dalam melakuan pose tersebut karena bila tidak maksimal, selain hasilnya nihil juga bisa membuat beberapa bagian tubuh menjadi cedera. Tapi Revolved triangle with foot on chair merupakan penyempurnaan dari Parivrtta Trikonasana yang membutuhkan tenaga besar untuk mendapatkan keseimbangan.

Sebagai olahraga yang mengutamakan kelembutan, gerakan yoga menekankan pada aspek keselarasan dan keseimbangan. Oleh karena itu, dalam beberapa pose, alat bantu untuk mencapai keseimbangan sangat diperbolehkan untuk digunakan, baik matras, kursi hingga dinding. Jadi, silahan melakukan Parivrtta Trikonasana ini dengan sempurna melalui alat bantu yang tersedia di rumah kita.

Baca: Revolved Triangle Variation 1