Mengenal Gerakan Yoga Revolved Triangle (1)

Pose Parivrtta Trikonasana  (Revolved triangle) adalah salah satu gerakan yoga yang menggabungkan antara gerakan tulang punggung dan keseimbangan. Tulang punggung dipuntir (twist) sambil menekuk tubuh ke depan (forward bend). Kemudian dari tadasana bawa kaki kiri ke belakang dan diputar ke arah dalam sekitar 15 derajat. Tumit kanan lalu disejajarkan  dengan lengkungan dalam (arch) telapak kaki kiri. Putar panggul kiri ke arah depan sehingga kedua panggul sejajar sambil rentangkan lengan kiri di samping kepala dengan torso menghadap ke depan.

Pada posisi ini bisa mengambil nafas dalam-dalam dan putar badan ke arah kanan. Buang nafas sambil letakkan tangan kiri di lantai bagian luar kaki kanan. Angkat lengan kanan ke arah atas dan aktifkan otot perut serta kedua kaki Anda, dan putar kepala ke arah atas. Silahan tahan beberapa saat di postur ini lalu tarik nafas dan angkat sebelum lakukan di sisi berikutnya

Gerakan yoga Parivrtta Trikonasana ini juga bisa dimodifikasi dengan cara menekuk kaki di depan dan meletakkan tangan kiri Anda di bagian dalam telapak kaki kanan atau di tulang kering atau di sebuah balok yoga. Kemudian tangan kanan diletakkan di punggung bawah. Pandangan mata harus menghadap ke bawah atau ke depan, bukan ke atas. Dekatkan posisi kedua kaki untuk membantu keseimbangan. Bagi Anda yang merasa lebih nyaman dengan cara kedua, hasilnya pun tetap sama.

Revolved triangle gerakan yoga
Revolved Triangle

Tidak semua mampu optimal dalam melakukan gerakan yoga ini. Ada beberapa alternatif cara agar bisa berpose seperti ini tanpa harus mengabaikan keseimbangan, sebagai salah satu tujuan dari latihan yoga. Untuk itu, Anda bisa pula melakukan gerakan Revolved triangle on the floor. Dengan memanfaatkan lantai/matras, otomatis keseimbangan sudah tidak menjadi masalah bagi yang melakukan pose ini. Bandingkan dengan posisi berdiri, dibutuhkan usaha keras bagaimana gerakan ini bisa sempurna tanpa kehilangan keseimbangan.

Dengan menggunakan lantai, Anda bisa mempertahankan pose Parivrtta Trikonasana selama lebih dari 2 menit dibandingkan dalam posisi berdiri. Jadi, bila keseimbangan menjadi masalah bagi seorang pecinta yoga, maka gunakan alat bantu: yaitu yoga strap dan yoga block seperti di gambar samping dengan menggunakan lantai untuk alas melakukan beberapa gerakan tanpa harus khawatir hasilnya tidak optimal.