Ingin Memperbaiki Postur Badan dengan Yoga? Coba 7 Asana Ini

Ada alasan mengapa orang tua atau guru olahraga sering menasihatkan agar kita selalu berdiri dan duduk dengan tegak. Rupanya postur badan ideal – punggung lurus, dada membusung, dagu terangkat, bahu rileks, dan perut masuk – tak hanya sehat, namun juga bisa membuat kita terlihat lebih langsing, tinggi, dan percaya diri. Intinya, sedap dipandang deh.

 

Sebaliknya postur bungkuk merupakan tanda bahwa punggung lemah. Bila punggung lemah, maka biasanya tubuh akan mengalami berbagai gangguan, dan kondisi ini juga membuat dagu, perut, dada, dan bahu tak bisa segaris/ tegak.

 

Sayangnya, baik pekerjaan (duduk lama di depan komputer) maupun gaya hidup zaman sekarang (yang notabene selalu berkutat pada aktivitas utak-atik gadget) seringkali membuat kita berada dalam ‘posisi yang salah’. Bukannya tegak, tubuh malah jadi sering bungkuk.

 

Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin kalau postur badan ideal menjauh. Sebelum terlambat, kita harus segera memperbaiki postur badan, dan salah satu cara ampuhnya adalah melalui yoga. Mengapa yoga? Selain membuat lebih aware terhadap tubuh, latihan ini juga mengajar kita tentang posisi apa yang boleh dan tak sebaiknya dilakukan.

 

Selain itu, latihan rutin juga bisa membuat tubuh stretching sekaligus lebih kuat sehingga postur tubuh ideal bisa kembali dimiliki. Dan berikut adalah 7 asana untuk memperbaiki postur badan:

 

1.Tadasana (Mountain Pose)

 

tadasana yoga pose - memperbaiki postur tubuh

Salah satu pose dasar Asana ini memang tampak simple. Namun saat mempraktekkannya, kebanyakan yogi dibuat sadar kalau selama ini mereka tidak berdiri dengan cara yang benar. Oleh karenanya asana ini harus dilakukan rutin, terutama kalau Anda ingin tahu bagaimana cara berdiri yang tepat itu.

 

2.Utkatasana (Chair Pose)

 

yoga pose - untuk memperbaiki postur tubuh

Ketika melakukannya, tubuh belajar bertahan dalam posisi duduk (seolah-olah ada kursi di bawah tubuh). Asana ini tak hanya baik untuk pinggul, lutut, dan punggung bawah, tapi juga membuat punggung tegak dan bahu meregang. Pose yoga ini mengajar tubuh agar lurus dengan sendirinya sehingga perlahan tapi pasti, postur badan jadi membaik.

 

3.Virabhadrasana I (Warrior Pose)

 

warrior yoga pose - memperbaiki postur tubuh

Gerakan yoga ini baik untuk punggung bawah dan dapat menenangkan bahu. Seiring berjalannya waktu, Anda pasti melihat perubahan yang dibuat Virabhadrasana terhadap postur badan, khususnya kalau gerakan ini dilakukan secara rutin.

 

4.Marjariasana (Cat Pose)

 

cat yoga pose - memperbaiki postur tubuh

Asana ini biasanya dikombinasikan prakteknya dengan Bitilasana (Cow Pose). Keduanya membuat tulang belakang lebih kuat dan juga fleksibel.

 

5.Bhujangasana (Cobra Pose)

 

yoga pose - memperbaiki postur tubuh

Tak hanya dapat membuka bahu dan dada, Bhujangasana juga mampu menguatkan punggung. Karenanya kalau ingin memperbaiki postur badan, libatkan pose ini selalu setiap kali Anda berlatih yoga.

 

6.Balasana (Child Pose)

 

balasana yoga pose - memperbaiki postur tubuh

Pose ini tak hanya bersifat memulihkan, namun juga bagus untuk bahu dan punggung. Rutin melakukannya membuat Anda dapat duduk dan berdiri dengan benar tanpa mencederai punggung.

 

7.Supta Virasana (Reclining Hero Pose)

 

gerakan yoga - memperbaiki postur tubuh

Walau tampak mudah, namun gerakan yoga satu ini cukup rumit lho. Akan tetapi itu tentu tak jadi masalah, mengingat asana ini bisa membuat punggung lurus sekaligus menjadikan dada terbuka/ membusung. Dan karena sifatnya yang bikin rileks, maka Anda bisa melakukannya selama yang diinginkan.

 

Jadi sudah siapkah Anda memperbaiki postur badan dengan 7 asana tadi?!