Mengenal Bermacam-macam Yoga Pose Dasar

Yoga pose atau pose yoga ada bermacam-macam, mulai dari yang sangat mudah dilakukan hingga yang membutuhkan jam terbang tinggi untuk melakukannya. Mengenal Bermacam-macam Yoga Pose Dasar Jenis yoga yang umum dilakukan adalah Hatha Yoga yang melibatkan sederet pose, pranayana yang melibatkan pengaturan napas dan dhyana atau meditasi.

Standing-Forward-Bend

Walau anda disarankan untuk berlatih dengan guru, ada pose-pose yoga tingkat dasar yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk olahraga. Pose yoga ini tidak perlu keahlian, tetapi bila dilakukan rutin, bisa membantu melegakan beberapa keluhan seperti nyeri otot dan pinggang, plus melancarkan sirkulasi serta pencernaan.

Berikut beberapa yoga pose standar tersebut:

Tadasana

Ini merupakan pose berdiri tegak, dengan posisi kaki sejajar sehingga seluruh berat badan bertumpu seimbang pada seluruh permukaan telapak. Tubuh ditegakkan, bahu sejajar pinggul, tangan ditaruh di samping paha, leher dan pucuk kepala tegak. Bernapas pelan dan teratur dalam posisi ini.

Urdhava Hastana

Dalam postur ini, anda berdiri tegak seperti tadasana. Tarik napas sambil perlahan mengangkat kedua lengan membentuk garis lingkaran hingga terangkat tegak di atas kepala. Dongakkan kepala, satukan kedua telapak tangan atau biarkan mereka terpisah selebar bahu. Diam di posisi ini sambil bernapas teratur beberapa kali.

Uttanasana (standing forward bend)

Ketika masih dalam posisi berdiri, buang napas dan lipat kaki sambil membungkuk. Biarkan kepala menggantung, lutut sedikit menekuk, pinggang rileks dan jari atau tapak tangan menyentuh lantai. Kemudian, perlahan luruskan lutut. Diam di posisi ini sambil bernapas teratur beberapa kali.

Malasan

Ini adalah pose jongkok yang secara alami mudah dilakukan anak-anak, tetapi biasanya jarang dilakukan lagi oleh orang dewasa. Tekuk lutut dan jongkok dengan kaki dilebarkan serta berat badan bertumpu pada telapak kaki secara merata. Regangkan tubuh dan leher, tempelkan siku di kedua sisi lutut lalu satukan telapak tangan. Bernapas dengan teratur selama beberapa menit.

Selain pose-pose di atas, ada beragam yoga pose yang bisa anda lakukan, baik itu dalam posisi berbaring, berdiri, duduk, membungkuk maupun memutar badan.