Tips Mudah Tidur untuk Penderita Insomnia

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Bagi sebagian orang, tidur merupakan kenikmatan tersendiri yang tidak mudah didapat. Bagaimana tidak, penderita insomnia adalah mereka yang bahkan tidak bisa memejamkan matanya untuk beristirahat meski sepanjang hari telah lelah karena kegiatan fisik. Gejala susah tidur malam ini tidak saja menimpa kalangan manula, namun juga mereka yang masih remaja. Untuk menghindarinya, sebagian mengkonsumsi obat penenang kimiawi yang bisa berakibat efek samping dalam jangka panjang.

 

susah tidur malamUntuk membantu mereka yang mengidap ‘penyakit’ susah tidur malam ini, terapi yoga bisa dijadikan alternatif untuk membuat mata lelap terpenjam. Beberapa pose yang bisa dilakukan agar tubuh mudah tidur bisa dilakukan dengan mudah, seperti Parivrtta Utthita Hasta Padasana (Revolved Extended Hand and Foot Pose). Ini merupakan gerakan yang bertujuan untuk meluruskan otot punggung, meningkatkan aliran darah, serta membuat tulang belakang lebih lentur lagi. Faktor yang membuat seseorang sulit untuk beristirahat karena aliran darah yang tidak lancar dan otot yang terganggu.

 

Selain Hastapadasana (Standing Forward Bend), gerakan lain yang bisa membantu penderita insomnia adalah Sukhasana (Easy Pose). Posenya membungkuk ke depan dan sangat direkomendasikan untuk dilakukan sebelum tidur. Fungsi gerakan ini untuk menghilangkan ketegangan serta membuat pinggul terbuka dan secara langsung membuat psikis lebih tenang. Ini sangat bagus untuk mereka yang susah tidur malam namun ingin melakukan senam ringan tanpa keringat.

 

Pose sederhana yang bisa membantu untuk pengidap susah tidur malam adalah Uttanasana (Standing Forward Bend). Selain untuk insomnia, gerakan ini bisa dimanfaatkan pula untuk yang sedang sakit kepala dan juga stress secara psikologis. Caranya dengan berdiri dengan kaki merenggang dan membungkukkan badan sampai tangan menyentuh lantai. Lebih bagus jika mengayunkan tubuh ke kiri dan kanan serta bernafas.

 

Selain itu, susah tidur malam juga bisa ‘disembuhkan’ dengan pose Balasana (Child Pose). Kegunaannya adalah menghilangkan ketegangan dalam tubuh serta membuat pikiran menjadi lebih tenang. Cara melakukannya adalah dengan melipat tubuh di atas kaki dan lengan memanjang, persis seperti embrio bayi. Cukup ampuh dalam merileksasikan tubuh serta mengendurkan syaraf-syaraf sehingga membantu untuk terlelap. Hindari menggunakan obat penenang yang membahayakan bagi tubuh.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”date” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1436285388607-d8c40fcc-d881-6″][/vc_column][/vc_row]