Senam Yoga Menghilangkan Sakit Kepala

Yoga merupakan senam yang digemari berbagai kalangan, mulai dari dewasa, manula dan juga anak-anak. Keunggulan olahraga ini tidak saja terletak dari gerakannya yang lembut dan alur nafasnya yang teratur, namun juga pada terapi yang bisa menyembuhkan berbagai macam gejala penyakit termasuk sakit kepala. Yoga merupakan salah satu cara menghilangkan sakit kepala yang efektif dan sederhana. Tentunya harus dengan bimbingan instruktur terlebih dahulu bagi mereka yang awam.

Sebagai olahraga terapi dan penjaga kebugaran, yoga memiliki berbagai macam pose yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit tertentu asalkan dilakukan secara konsisten dan disiplin. Sakit kepala adalah gejala yang bisa disebabkan oleh berbagai macam sumber, seperti tekanan darah, perut kosong, panas matahari, cuaca dingin dan lainnya. Cara menghilangkan sakit kepala dengan yoga bisa dimulai dari mengetahui penyebabnya. Misalnya karena cuaca dingin, pose yang dipilih adalah yang bisa menurunkan dahak dari kepala. Jika disebabkan karena psikis, bisa dipilih pose yang membuat diri Anda rileks.

 


yoga lotus pose - untuk sakit kepadaPose Padmasana (Lotus Pose) bisa dipertimbangkan sebagai cara menghilangkan sakit kepala dengan yoga. Gerakan yang sering disebut sebagai lotus meditatif ini merupakan gaya paling dasar yang bisa membantu seseorang untuk rileks. Pikiran pun bisa lepas dan kendur. Cocok untuk mereka yang pusing karena masalah-masalah, bukan karena faktor biologis.

 

Uttanasana (Standing Forward Bend) adalah pose lain untuk menghilangkan sakit kepala dengan cara membungkukkan badan dan memegang pergelangan kaki. Gerakan ini cocok buat mereka yang sepanjang hari duduk di kursi (orang kantoran) sehingga darah tidak mengalir lancar ke kepala dan menyebabkan pusing. Kemudian ada pose Sirsasana atau headstand cocok untuk sakit kepala sebelah alias migrain. Kepala menjadi tumpuan dari berat tubuh. Dua pose ini sangat efektif sebagai cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

 

Banyak gerakan yoga lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kepala yang sakit. Agar efektif, yoga bisa dilakukan saat malam hari atau pagi hari karena udara di pagi hari sangat segar. Direkomendasikan pula untuk melakukan pose-pose tersebut dalam ruang yang sunyi agar tidak memecah konsentrasi.