Mengenal Gerakan Yoga Revolved Triangle (3)

Parivrtta Trikonasana (Revolved Triangle Pose), adalah gerakan yoga yang memiliki banyak turunannya karena bisa menggunakan alat bantu. Pada dua artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Revolved triangle on the floor dan Revolved triangle with foot on chair yang menggunakan alat bantu lantai serta kursi. Tujuannya agar pada saat melakukan pose ini tidak perlu tenaga ekstra untuk menjaga keseimbangan, cukup dengan mengoptimalkan gerakan tangan dan kaki saja. Kursi dan matras/lantai mengalihkan fungsi kaki sebagai penyeimbang.

Selain kedua pose tersebut, berikutnya adalah Revolved triangle at the wall yang memanfaatkan dinding untuk gerakan yoga ini. Penggunaan dinding ini untuk menstabilkan tubuh dan bisa memberikan pengaruh yang cukup besar untuk memutar tulang belakang Anda. Selain itu dibutuhkan juga sebuah balok yang diletakkan di bawah agar bisa terus memperpanjang tulang belakang Anda secara efektif saat melakukan peregangan pada bagian paha belakang, kaki bagian luar dan pinggul.

Pada pose Revolved triangle at the wall ini, terjadi kombinasi antara Revolved triangle with foot on chair dengan Revolved triangle on the floor, atau antara versi berbaring dengan versi kursi. Cara melakukan gerakan yoga ini dengan menempatkan tikar di samping dinding dan balok di dekat kaki. Setelah itu, berdirilah di atas tikar dengan jarak antara dinding dan pinggul kanan mencapai 6 inchi. Letakkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang sehingga Anda memiliki jarak diantara dua kaki. Setelah menyelaraskan antara tumit yang satu dengan yang lain, putar kembali kaki Anda ke sudut 45 derajat dan tempatkan blok hanya di dalam kaki depan saja.

Sebagai variasi dari gerakan yoga ini, bisa juga dengan memainkan ketinggian balok yoga yang disesuaikan dengan tinggi tubuh. Semakin tinggi baloknya tentu akan terasa berbeda sensasi gerakannya. Selain itu, Revolved triangle at the wall merupakan pose alternatif dan bisa digunakan bagi mereka yang lebih suka bersandar ke dinding ketimbang ke kursi untuk mendapat keseimbangan. Jadi sebagai variasi pilihan, ketiga tipe pose Parivrtta Trikonasana ini bisa dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat bantu keseimbangan.

Baca:

Revolved Triangle Variation 1

Revolved Triangle Variation 2