Mengurangi Sakit Punggung Pada Saat Kehamilan

Bukan hal yang terlalu aneh ketika wanita hamil mengalami sakit pada punggungnya. Kondisi ini beragam bagi setiap wanita yang sedang hamil. Salah satu penyebab yang paling mendasar adalah adanya perubahan ukuran perut. Sakit pada punggung wanita yang sedang hamil biasanya akan semakin meningkat ketika usia kehamilan semakin besar dan mendekati masa persalinan.

 

Dengan semakin besar ukuran bayi, maka pusat gravitasi akan bergeser ke depan da ini akan membuat otot di punggung mengalami peningkatan untuk menyeimbangkan terhadap gravitasi tersebut, dan dengan masalah tersebut membuat punggung menjadi lebih mudah sakit. Untuk mengurangi rasa sakit pada punggung diperlukan peregangan otot.

 

Dalam rangka mengurangi rasa sakit punggung selama masa kehamilan, Anda perlu melakukan peregangan otot punggung dan pinggul. Otot-otot ini bekerja dengan sangat keras selama masa kehamilan sehingga menjadi tegang dan stress. Ketika otot-otot punggung dan panggul ini difungsikan secara benar, sakit punggung sebenarnya bisa dicegah. Namun, dengan ukuran perut dan bobot bayi yang berada dalam kandungan yang semakin besar, banyak wanita hamil yang memiliki beberapa masalah untuk memfungsikan otot punggung dan panggul secara tepat sehingga punggung menjadi sakit. Dengan kondisi yang demikian, melakukan peregangan akan sangat diperlukan untuk mengurangi ketegangan dan sakit pada punggung.

 

bridge yoga posePeregangan yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit punggung pada wanita hamil pastinya akan berbeda dengan kondisi wanita yang normal. Salah satu pose yang bisa digunakan adalah pose bridges (Bridge Pose) dimana wanita hamil bisa melakukan peregangan dengan posisi berbaring dan telentang. Kemudian, menekuk lutut untuk membantu bertumpu tubuh bagian atas. Dengan melakukan gerakan mengangkat punggung bawah dan panggul, menahannya pada posisi tersebut dalam hitungan tiga detik, ini bisa membantu tubuh melakukan peregangan. Untuk melakukan proses latihan ini sebaiknya secara perlahan baik untuk mengangkat panggul ataupun menurunkannya. Latihan ini bisa diulangi hingga 15 kali dan setiap pengulangan sebaiknya diberikan waktu beberapa detik sebagai jeda untuk menjadikan latihan ini tidak menyakitkan.

 

Rotation StretchPose lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit punggung selama kehamilan adalah dengan melakukan peregangan rotasi (Rotation Stretch). Untuk melakukan latihan ini, wanita hamil bisa menggunakan posisi duduk di kursi. Peregangan ini berguna untuk mengurangi ketegangan pada bagian punggung tengah dengan memutar bagian atas tubuh. Cara melakukan latihan ini juga cukup mudah yaitu dengan duduk di atas kursi, membentuk posisi memeluk diri sendiri. Putar pundak ke kanan, tahan posisi tersebut beberapa detik. Kemudian ganti arah putar ke kiri dan tahan beberapa detik. Selama melakukan peregangan, melakukan latihan pernafasan dengan baik akan sangat membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidak hanya otot yang menjadi tenang, maka pikiran pun akan menjadi lebih nyaman.

 

Peregangan ini sebaiknya dilakukan secara rutin sesuai dengan kemampuan tubuh, wanita hamil memang sangat memerlukan suatu latihan untuk meregangkan berbagai otot yang tegang. Latihan ini tidak hanya untuk mengurangi sakit secara fisik juga memberikan kenyamanan dan ketenangan secara psikis bagi wanita hamil.