Skip to content

Gerakan Yoga yang sangat Bermanfaat untuk Wanita

Banyaknya manfaat dari yoga yang salah satunya untuk mengurangi berat badan membuat saat ini banyak pusat-pusat kebugaran menggabungkan metode yang satu ini dengan bimbingan latihan mereka. Gerakan yoga yang beragam dan sangat variatif mereka gunakan sebagai penyeimbang latihan-latihan yang selama ini sudah ada di tempat-tempat latihan kebugaran itu.

Namun maraknya pusat-pusat kebugaran beramai-ramai menggabungkan teknis fitness dengan yoga bukan tidak ada cacatnya. Beberapa dari mereka, terutama wanita, yang menerapkan yoga ini sebagai salah satu teknik latihan di tempat fitness terkadang tidak melakukannya dengan benar. Padahal, yoga yang tidak dilakukan dengan benar bukan hanya kadang menimbulkan salah urat, namun juga tidak menghasilkan apa-apa. Jadi, seperti apa gerakan yoga yang bagus untuk mengurangi berat badan bagi para wanita itu?

Simaklah beberapa gerakan yoga berikut untuk bisa anda praktekkan sendiri, bahkan di rumah anda tanpa harus pergi ke tempat kebugaran, dengan benar sehingga memberikan hasil yang maksimal:

1. Child pose

gerakan yoga

Gerakan ini adalah gerakan yang diawali degan duduk berlutut di lantai dengan kaki saling menyentuh sedangkan lutut terbuka lebar sejajar pinggul. Lalu lakukan gerakan duduk di atas tumit anda dan baringkan tubuh diantara paha degan dahi anda berada di matras. Tarik lengan ke depan sampai telapakannya menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini dengan mata tertutup untuk lebih berkonsentrasi sambil diiringi tarikan nafas panjang dan tahan nafas sampai 1 menit.

Child pose atau posisi adalah gerakan yoga yang sangat populer karena memberikan rasa relaksasi dan menenangkan bagi tubuh dan pikiran. Posisi ini dilakukan dengan cara duduk berlutut di lantai dengan kaki menyatu dan lutut terpisah lebar. Kemudian, bungkukkan badan ke depan dan tarik lengan ke depan bersamaan dengan napas dalam. Anda dapat menyentuh dahi ke lantai dan tangan dapat diletakkan di samping tubuh atau ditarik ke belakang kepala.

Baca:   Latihan Yoga bagi sang Juara Olympic – Emily Brydon, Canadian Alpine Ski Team

Pada posisi ini, tubuh akan merasakan peregangan pada bagian punggung, leher, paha dan kaki. Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu meredakan stres, kecemasan dan mengurangi ketegangan pada otot-otot tubuh. Posisi anak-anak dapat dilakukan sebagai gerakan pemanasan atau sebagai gerakan akhir pada sesi yoga untuk memberikan relaksasi dan ketenangan bagi tubuh dan pikiran.

2. Downward facing dog

2-downdog

Gerakan yoga downward dog ini merupakan gerakan peregangan pada bagian paha belakang, betis, glutes, tulang belakang, triceps, dan berfungsi untuk memperkuat deltoids. Gerakan ini diawali dengan posisi merangkak dengan lutut dan kaki melebar selebar pinggul dan tangan selebar bahu sementara jari-jemari melabar juga. Perlahan-lahan angkat lutut dari lantai dengan meluruskan kaki dan pindahkan tangan ke bagian depan, sementara kaki anda ke belakang. Tekan perlahan-lahan tumit ke lantai dan biarkan leher anda rileks serta bahu anda kembali kea rah kaki. Selalu tarik nafas panjang selama minimal satu menit.

3. Warrior Pose

3-warrior

Seperti namanya, posisi ini jika diperhatikan seperti seorang ksatria yang sedang berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka. Mengangkat lengannya setinggi bahu hingga sejajar lantai dan menekuk lutut kanan hingga tulang kering dan paha hingga membentuk sudut 90 derajat. Coba tahan nafas dan menghembuskannya lewat hidung, kemudian luruskan kaki. Ulangi gerakan yang sama seperti tadi.

4. Plank pose

4-plank

Gerakan yoga ini bertujuan untuk memperkuat bahu, lengan, quadriceps, punggung, dan inti. Gerakannya seperti gerakan pada saat push up.

Dan masih banyak lagi gerakan-gerakan yoga yang berfungsi untuk membantu proses diet dalam rangka mengurangi berat badan. Usahakan malakukannya dengan benar untuk memaksimalkan hasil dari masing-masing gerakan yoga itu sendiri.

Baca:   Apa Arti Namaste dalam Yoga?

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, gerakan yoga seperti child pose, downward facing dog, warrior pose, dan plank pose memberikan banyak manfaat bagi kesehatan wanita. Child pose dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, sedangkan downward facing dog memperkuat otot punggung dan bahu.

Warrior pose membantu meningkatkan keseimbangan dan memperkuat otot kaki, sementara plank pose melatih kekuatan inti dan membantu membentuk postur tubuh yang baik. Dengan memasukkan gerakan-gerakan yoga ini ke dalam rutinitas latihan, wanita dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka secara holistik.