5 Alasan Posisi Inversion Yoga Harus Dilakukan Setiap Hari

Saat ditanya mengenai apa saja pose yang kira-kira termasuk dalam kategori inversion dalam yoga, maka kebanyakan orang akan berpikir bahwa posisi tersebut hanya melibatkan 2 gerakan saja yaitu headstand dan handstand. Faktanya, posisi inversion yoga tidaklah harus selalu se-ekstrim itu.

Ketika melakukan pose downward facing dog misalnya, maka sebenarnya Anda sudah mempraktikkan salah satu dari posisi inversion yoga. Lantas apa sebenarnya manfaat yang dapat kita petik dari posisi yang membuat tubuh jungkir-balik tersebut?

Inversion Yoga - Headstand - Sirsasana
Headstand – Sirsasana

1. Meningkatkan konsentrasi, keseimbangan, dan fungsi otak

Saat tubuh berada dalam keadaan jungkir balik (inversion yoga) di mana posisi kepala berada di bawah, maka darah yang bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh akan turun memenuhi otak. Hal ini pastinya dapat membuat otak lebih berenergi apalagi pusat sistem saraf tersebut merupakan konsumen terbesar oksigen dalam tubuh. Jadi semakin banyak O2 yang masuk ke dalam otak, maka kinerjanya akan semakin bagus. Dengan begitu tak hanya fungsi otak, namun daya fokus Anda pun semakin tajam.

2. Posisi inversion yoga memiliki dampak positif pada 4 sistem dalam tubuh

Dan ke-4 sistem yang digadang-gadang terkena dampak positif tersebut adalah yang berhubungan dengan jantung/ kardio, pembuluh getah bening, saraf, serta endokrin. Bila rutin melakukannya, maka Anda tak perlu khawatir lagi sebab jantung, pembuluh getah bening, saraf, serta kelenjar endokrin pasti terjaga kesehatannya.

3. Treatment terbaik untuk masalah punggung dan tulang sendi

Posisi inversion yoga merupakan salah satu metode perawatan yang terbukti sangat efektif dalam mengatasi masalah punggung maupun tulang sendi. Bagi mereka yang aktif bergerak dalam kegiatan sehari-harinya, maka sesekali perlu menjungkir-balikkan tubuh agar mengurangi stres juga.

4. Mencegah stres dan penuaan dini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, posisi jungkir-balik dapat mengurangi stres. Jadi bila kesempatan cuti sudah habis dan tak memungkinkan bagi Anda untuk keluar dari penatnya aktivitas sehari-hari melalui liburan, maka melakukan posisi inversion yoga dapat menjadi jalan pintas untuk meredakan stres. Dan bila stres yang menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini berkurang, maka Anda pun bisa tetap awet muda tanpa bantuan obat-obatan sekalipun.

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Memang kita dapat memperkuat kekebalan tubuh melalui gaya hidup, pola makan sehat, dan beragam asupan mineral maupun vitamin. Namun bila gerakan jungkir-balik juga mampu memperkuat sistem imun tubuh secara gratis, maka mengapa tak melakukannya secara rutin?
Jadi setelah mengetahui bahwa ada begitu banyak dampak positif yang diberikan oleh posisi jungkir balik, baik untuk tubuh maupun pikiran, maka kini saatnya untuk melakukannya secara rutin bukan? Selamat berlatih!!