Cara Yoga Membantu Mengatasi Masalah Sakit Punggung

sakit punggung

Manfaat yoga tak hanya baik untuk tubuh dan pikiran, tapi juga efektif mengatasi sakit punggung.

Jika ditanya soal langkah pertama yang Anda ambil ketika menderita sakit punggung, apa jawabannya? Pijatkah, mandi/ kompres air panas, ataukah minum obat? Mungkin selama ini hal-hal itu sajalah yang terbersit dalam benak untuk mengatasi sakit punggung.

Padahal masih ada cara alami lainnya yang bisa diberdayakan untuk mengatasi sakit punggung. Cara yang dimaksud adalah dengan berlatih yoga.

Ini Bukti Ilmiahnya

mengatasi sakit punggung

Eits, tenang! Pernyataan barusan bukan hanya teori belaka. Berbagai riset berhasil membuktikan bahwa salah satu manfaat yoga memang mengatasi sakit punggung.

Salah satunya hasil studi yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine. Hasil penemuan tersebut mengatakan, setelah 3 bulan melakukan yoga untuk sakit punggung, jumlah pasien yang mengonsumsi obat pereda nyeri berkurang 20%.

Manfaat Yoga Secara Fisik

yoga membantu menjadi kuat

Nyatanya, diperlukan otot punggung yang kuat bila ingin menghindari sakit punggung. Alasannya karena otot inilah yang menyokong tulang belakang dan menentukan postur tubuh. Otot punggung jugalah yang memampukan tubuh bergerak dan berjalan.

Intinya, semakin kuat otot punggung, makin sedikit risiko nyeri. Namun berbeda dari olahraga ‘keras’ seperti angkat beban, yoga menguatkan otot dengan cara yang lebih lembut.

Triangle, Locust, Bow

mengatasi sakit punggung

Beberapa pose yang dapat menguatkan otot punggung adalah locust, bow, dan triangle. Akan tetapi pemula tidak disarankan langsung mempraktekkannya. Lebih baik, perlahan lakukan lebih dulu gerakan lain yang berfokus pada stretching. Jika perlu, gunakan bantuan yoga props seperti straps atau blocks agar posenya lebih mudah dipraktekkan.

Lebih dari itu, triangle pose juga baik untuk menguatkan otot perut. Selain mengendurkan otot punggung, gerakan ini juga baik untuk keseluruhan tulang belakang.

Stretching untuk Sakit Punggung

stretching for yoga

Di samping itu, stretching juga perlu untuk mengatasi sakit punggung karena mampu meredakan ketegangan pada otot yang menimbulkan ketidaknyamanan. Jadi saat harus berkutat pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama, lakukan stretching secara rutin.

Meregangkan otot-otot di sisi punggung – seperti hamstring, juga disarankan. Lagipula, seluruh otot dalam tubuh manusia sesungguhnya saling bekerjasama. Jadi melatih otot kaki, lengan, serta perut juga penting demi kesehatan punggung.

Cat, Cow, Downward Dog, Seated Forward Fold…

downward dog yoga pose
Downward Dog Yoga Pose

…dan berbagai pose twist lainnya dijumpai efektif melenturkan otot punggung. Downward Dog misalnya, sangat baik untuk memperpanjang otot punggung sehingga cocok untuk mereka yang sering duduk.

Tak hanya meringankan ketegangan di punggung, pose ini juga menguatkan bahu sehingga efektif meredakan nyeri di punggung atas maupun tengah.

Teknik Pernafasan

pernafasan yoga

Yoga tanpa teknik pernafasan yang tepat memang kurang lengkap. Karena itu, hindari menahan nafas ketika berada dalam pose tertentu. Sebaliknya tarik dan buang nafas dalam-dalam selama latihan agar otot tetap rileks dan sirkulasi darah lancar.

Manfaat Yoga Secara Mental

yoga pose

Yang tak banyak orang tahu adalah kesehatan mental juga memengaruhi kondisi punggung. Sebuah studi menjumpai bahwa depresi bisa memicu sakit punggung, begitu pula dengan stres. Alasannya karena ketika gelisah atau stres, otot cenderung tegang sehingga menjadi sakit. Untungnya permasalahan mental satu ini juga dapat diatasi dengan yoga. Dalam hal ini, manfaat yoga tak berhenti pada meredakan stres saja, tapi juga meningkatkan mood, semangat, serta energi.

Jadi buat yang sakit punggung, yuk coba mengatasinya dengan yoga.