4 Pose Yoga ‘Penyelamat Tulang Belakang’ Bagi yg Sering Duduk Seharian di Kantor

Kalau profesi menuntut Anda untuk duduk seharian menghadap komputer, maka lama-kelamaan ini bisa membuat tubuh jadi bungkuk.

Bukan hanya tak sedap dipandang, namun postur tubuh bungkuk juga dapat menekan tulang belakang sehingga membuat leher dan tubuh terasa kaku. Akibatnya, tubuh jadi mudah lelah dan kreativitas otomatis ikut menurun.
Tak hanya terjadi di kantor saja, fenomena ‘duduk membungkuk’ ini tanpa disadari juga terjadi di mana-mana mulai dari sofa rumah, kursi restoran, bangku taman, hingga dalam toilet sekalipun. Kapan itu terjadi? Ya saat tangan sedang asyik mengutak-atik gadget kesayangan.

Nah kalau sekarang Anda sudah aware soal kebiasaan buruk tersebut dan ingin terbebas dari jeratannya, maka coba lakukan rutin 4 gerakan yoga berikut ini agar postur tubuh bisa diperbaiki. Tenang saja, tak butuh banyak waktu kok untuk mempraktekkannya. Anda bahkan bisa melakukan semua pose yoga ini sambil duduk di kantor ketika sedang break.

 

1. Stretching tulang belakang dan bahu

gerakan yoga - spine shoulder strech

Dalam posisi tetap duduk, rentangkan kedua tangan lurus ke depan sambil jalin kedua telapaknya di depan dada. Hembuskan nafas, putar telapak tangan menghadap ke atas, lalu regangkan lengan di atas kepala. Tahan selama 5 kali hitungan nafas kemudian lepas.

 

2. Modifikasi Prayer Twist

modifikasi gerakan yoga prayer twist

Pose yoga berikutnya adalah dengan memodifikasi prayer twist. Pertama-tama, duduklah tegak di ujung depan kursi dengan kaki terbuka selebar pinggul. Sambil mengembuskan nafas, putar dan pelintir tubuh ke arah kanan, lalu letakkan siku kiri di bagian luar lutut kanan, dan posisikan kedua tangan di dada. Tahan hingga 5 kali hitungan nafas, kemudian tarik nafas sambil kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yoga yang sama untuk sisi kiri.

 

3. Goal Post Backbend

gerakan yoga - goal coast backbend

Duduklah tegak di ujung depan kursi dan buka kaki selebar pinggul. Buka tangan ke samping, tekuk siku sehingga membentuk sudut 90’ dengan ujung jari mengarah ke langit-langit. Saat menarik nafas, biarkan tulang dada terangkat dan ketika mengembuskannya, tekan tulang lengan ke belakang. Tahan selama 5 kali hitungan nafas lalu lepaskan.

 

4. Upward Plank

gerakan yoga upward plank on a chair

Masih dalam posisi awal yang sama yakni duduk tegak di ujung depan kursi dengan kaki terbuka selebar pinggul. Sekarang letakkan tangan di tiap sisi samping kursi (agak ke belakang) dan cengkeram itu. Tekuk siku di belakang tubuh, lalu sambil menarik nafas, angkat dada naik lalu turun. Jaga agar kepala tetap tegak menghadap ke atas. Tahan 5 kali hitungan nafas, lalu lepaskan.

 

Selesai! Ya itulah tadi 4 gerakan yoga yang bisa Anda lakukan rutin di tengah-tengah waktu istirahat kerja. Selamat mencoba!

 

 

kin sinKim Sin

Kim is a San Francisco based yoga instructor and entrepreneur, whose mission is to bring accessible, effective yoga and mindfulness programs to the workplace. In 2011 she founded Kim Sin Yoga (KSY), which partners with leading Bay Area companies to design and implement customized wellness programs.