Senam Yoga Hamil Sederhana

Senam Yoga Hamil nan mudah dipelajari oleh siapapun juga !

Selamat atas kehamilan Anda. Tentunya hal ini adalah waktu yang sangat spesial  bagi tiap wanita dan kesempatan untuk menjangkau perasaan bahagia.

 

Kehamilan akan membawa perubahan pada tubuh, dan kadang memberikan rasa tidak nyaman. Tetapi anda dapat mengembalikan rasa kurang nyaman ini dengan lebih mendekatkan diri anda dengan bayi di kandungan.

 

Ingatlah, kehamilan adalah waktu bagi Anda untuk memberikan hidup baru bagi anak didalam diri. Maka itu, Anda patut untuk bahagia. Hal ini adalah hadiah bagi Anda dan bayi.

 

Berikut dibawah ini adalah rekomendasi beberapa senam hamil kombinasi dengang gerakan yoga sederhana bagi ibu hamil.

 

senam hamil

Standing Cow Pose

Standing Cow Pose

Ini adalah gerakan yoga yang sangat sederhana untuk menggerakan panggul – dimana Anda akan lebih mudah menggerakan badan pada saat melahirkan.

Mulailah dengan meregangkan kedua kaki sejajar dengan bahu, dan kedua telapak tangan diletakan diatas paha. Tarik nafas dan arahkan mata keatas. Pada saat itu rasakan tulang ekor ke posisi atas.

 

senam hamil

Standing Cat Pose

Standing Cat Pose

Dari posisi Cow Pose, hembuskan nafas dan bungkuk-kan tulang belakang seperti seekor kucing setelah bangun tidur siang.  Hati-hatilah ketika memajukan panggul dan fokuslah pada peregangan punggung bagian bawah dan pundak.

Ulangilah beberapa round Cat dan Cow Pose untuk pemanasan tulang punggung.

 

senam hamil

Door frame stretch

Door Frame Stretch

Mulailah dengan berdiri diantara pintu. Letakan tangan pada tembok, setinggi bahu. Majukan satu kaki kemuka dan kemudian condongkan badan kemuka dan lakukan peregangan. Anda akan merasakan rasa lepas pada dada dan bahu. Tarik nafas dan nikmatilah…

Ini adalah posisi fantastis apabila Anda merasa posisi badan atas makin menelungkup disebabkan berat bayi yang bertambah.

 

senam hamil

Tree Pose

Tree Pose

Senam hamil dimulai dengan berdiri di kedua kaki, dan kemudian angkat satu kaki dan letakan di paha bagian dalam dan jari kaki menunjuk kebawah. Jangan letakan kaki di lutut.

Kedua tangan pada posisi Namaste, atau bisa juga di-istirahatkan di pinggang.  Rasakan tulang ekor menjulur kebawah dan coba untuk merasakan otot perut mendukung bayi.

Lakukan 3-5 pernafasan dan kemudian lakukan bergantian pada sisi yang lain.

 

Puppy Pose at the Wall

Dengan membesarnya kandungan, punggung bagian bawah akan terasa lebih tertekan. Untuk mengurangi rasa tegang di punggung bawah, anda dapat berdiri 60-90 cm dari dinding atau pintu, dan kaitkan tangan di dinding selebar bahu.

 

senam hamil

Puppy Pose at the Wall

Tekan kedua telapak tangan ke dinding dan lonjorkan kepala bagian atas (crown) kemuka, dan menyentuh dinding. Bernafaslah dengan dalam dan bayangkan bagian perut adalah tempat aman bagi bayi anda.

 

senam hamil

Standing Thread Needle Pose

Standing Thread the Needle Pose

Apabila anda merasa berat di bagian sekitar pinggul, hal ini adalah kasus yang biasa pada kehamilan. Kabar baiknya, ada senam hamil yang mudah untuk mengatasi hal ini.

 

Taruh kedua tangan ke dinding. Silangkan bagian pergelangan bawah kaki ke paha dan turunkan pinggul kebawah sehingga tubuh membentuk angka 4.

 

Ambil nafas dalam dan perlahan dan rasakan kedamaian.