Variasi Gerakan Yoga Locus Pose – Salabhasana

Walau mungkin sangat menantang untuk dipraktekkan, namun memodifikasi gerakan yoga bukanlah hal mustahil. Saat melakukan Salabhasana (Locust Pose) misalnya, lengan biasanya hanya direntangkan di belakang tubuh sehingga tangan berada dekat pinggul. Padahal Anda bisa melakukan variasi lain yang lebih menantang dari itu, seperti mengangkat kedua tangan melewati atas kepala misalnya. Wow, bagaimana caranya ya?! Sebelum melakukannya, sediakan lebih dulu yoga strap sebagai alat bantu. Selanjutnya, ikuti panduan gerakan yoga berikut:

 

Gerakan yoga dandasana

Mari mulai dengan Dandasana (Staff Pose) ­dan pasang talinya di lengkungan telapak kedua kaki. Pastkan kalau gesper talinya terletak di tengah kedua telapak kaki. Berikutnya, berbaringlah dengan posisi tiarap, kemudian tekuk kedua lutut sambil memegangi tali sehingga posisi kedua tangan berada di atas kepala. Jaga talinya agar tetap seimbang: berada di tengah punggung. Sekarang, putar bagian luar lengan atas ke depan sehingga kedua siku saling berdekatan.

 

step 2 locus pose

Sambil menghembuskan nafas, tekan kaki ke belakang sehingga menjauhi pantat. Aksi ini akan membuat siku, bahu, dan tulang punggung atas terangkat, menjauh dari lantai. Lanjutkan dengan memutar bagian luar lengan atas ke depan. Tarik nafas beberapa kali sambil menjaga mata, pipi, bibir, dan lidah tetap rileks.

 

step 3 - locust pose

Hembuskan nafas sambil tetap tekan kaki ke tali selagi Anda mengangkat kaki ke atas, ke arah langit-langit. Jaga pantat tetap kencang lalu luruskan kaki.

 

step 4 - locust pose

Jaga agar siku bagian luar mengarah ke depan dan luruskan kaki semaksimal mungkin. Anda mungkin harus mengendurkan talinya sedikit untuk melakukan ini. Tarik nafas beberapa kali dan rasakan bagaimana tubuh bergerak dalam posisi ini. Jangan lupa selaraskan gerakan dengan pernafasan. Lepas talinya secara perlahan, dan beristirahatlah sambil merasakan detak jantung maupun pernafasan. Setelah beberapa kali hitungan nafas, hembuskan nafas lalu turunkan tubuh kembali ke matras atau lantai. Ulangi sekali lagi, lalu gulirkan badan ke samping sebelum bangkit berdiri.

 

Variasi gerakan yoga Locust Pose ini sangat bermanfaat terutama kalau pergelangan tangan bermasalah, atau Anda ingin menguatkan lengan lebih lagi. Di samping itu saat melakukannya, tubuh bagian depan juga bisa stretching maksimal. Manfaat baik lain dari variasi inipun juga dirasakan sistem saraf. Dan dengan bantuan tali, lengan dan kaki tak hanya bisa terhubung dengan mudah, namun juga tulang belakang. Selamat mencoba!

[call_two href=”https://yoganeka.com/product-category/yoga-strap/” colortext=”#ffffff” background_color=”#dd9933″ font_size=”32″ label_button=”Beli Yoga Strap” label_size=”30″ class=”call-to-action-two” animation_delay=”0″ animate=”pulse” ]Tortue yoga strap – halus di kulit dan tidak membuat lecet.[/call_two]