Bahaya-nya Berlatih Bikram Yoga

Mungkin sebagian pecinta yoga sangat familiar dengan bikram yoga yang sudah sering dipraktikan oleh sebagian besar pecinta yoga. Mereka beranggapan bahwa jenis yoga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Statemen tersebut sangat dibenarkan jika dilakukan secara benar. Jenis yoga ini terdiri dari beberapa gerakan yang terbagi menjadi beberapa sesi yaitu sesi pemanasan, relaksasi, dan gerakan.

 

bahaya bikram yogaSeseorang yang sudah terbiasa melakukan gerakan bikram yoga ini akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak karena meningkatnya proses pembakaran kalori dalam tubuh. Karena banyaknya kalori yang dibakar di dalam tubuh, jenis yoga ini sangat bagus untuk mengurangi berat badan. Dengan alasan inilah banyak orang baik pria maupun wanita khususnya wanita yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang terlalu gemuk akan bersemangat untuk mengikuti kelas yoga brikam ini.

 

Namun ternyata jenis yoga ini tidak selamanya akan membawa kebaikan bagi tubuh. Jika tidak dikerjakan secara tidak benar, maka akan mengakibatkan efek yang cukup fatal terutama bagi seseorang yang mempunyai riwayat penyalit tertentu. Berikut adalah sekilas informasi yang menyebutkan beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan yoga bikram.

 

Penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk mengikuti kelas bikram yoga ini dikarenakan suhu ruangan yang tinggi akan mempengaruhi kinerja jantung dalam tubuh. Kita semua tahu bahwa penderita diabetes akan mempunyai resiko terkena komplikasi terutama komplikasi penyakit jantung. Jika tetap dilakukan maka akibatnya akan sangat fatal. Kemudian ibu hamil juga tidak disarankan untuk mempraktikan gerakan-gerakan jenis yoga ini. Terdapat beberapa gerakan yoga bikram yang dinilai terlalu berat bagi ibu hamil.

 

Gerakan-gerakan ini cukup berbahaya bagi janin yang dikandung oleh sang ibu. Suhu ruangan yang cukup tinggi juga kurang baik untuk sang ibu dan janin. Ruangan yoga bikram sangat mirip dengan suasana sauna. Begitu juga dengan para penderita penyakit jantung. Suhu yang tinggi pada ruangan yoga akan menyebabkan kinerja jantung jadi lebih meningkat. Akibatnya detak jantung akan lebih kencang dan nafas pun akan terasa lebih berat. Oleh karena itu, penderita asma pun sangat tidak disarankan untuk mempraktikkan yoga yang unik ini.