Bahaya Bikram Yoga bagi Penderita Penyakit Jantung

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Melakukan gerakan yoga secara rutin akan membantu tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar. Adapun manfaat lain dari latihan yoga adalah bisa meningkatkan kesadaran terhadap jati diri sehingga akan meningkatkan kecerdasan emosi dan kontrol diri. Sekarang ini ada banyak variasi gerakan yoga yang sering dipraktikan oleh sebagian besar pecinta yoga. Salah satu variasi yoga yang sedang popular saat ini adalah bikram yoga.

 

 

 

bahaya bikram yogaGerakan bikram yoga ini pada umumnya akan dilakukan di sebuah ruangan yang bersuhu cukup tinggi. Suhu ruangan disetting dengan suhu 35 sampai 40 derajat. Walaupun hampir semua gerakan yoga adalah untuk kebaikan dan kesehatan, beberapa orang percaya bahwa yoga bikram ini berbahaya bagi para penderita penyakit jantung.

 

 

Bikram yoga sangat identik dengan gerakan yoga yang unik. Selain mempunyai gerakan yoga yang unik, tempat yang digunakan pun sangat lain dari biasanya yaitu ruangan yang bersuhu cukup tinggi. Penggunaan suhu tinggi bertujuan untuk mempercepat proses relaksasi dan agar bagian tubuh cepat untuk berkeringat. Keluarnya keringat dari tubuh membuktikan bahwa proses pembakaran kalori pada tubuh sedang berlangsung. Apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan yoga bikram ini?

 

 

Bikram yoga yang dilakukan di ruangan yang bersuhu tinggi bisa menyebabkan tubuh stress. Stress yang diderita oleh orang yang rutin melakukan yoga bikram disebabkan oleh kencangnya detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh. Jika dibiarkan maka akibatnya akan fatal. Oleh karena itu jika ingin melakukan gerakan bikram yoga sebaiknya dikerjakan di bawah pengawasan guru yang berpengalaman. Gerakan bikram akan berdampak baik jika dikerjakan dengan porsi gerakan yang benar.

 

 

Gerakan bikram yoga ini pada umumnya terdiri dari 26 macam gerakan dalam satu sesi. Gerakan-gerakan yoga tersebut dipraktikan selama 90 menit . Jika dilakukan secara berlebihan maka akibatnya akan tidak  baik. Terlebih lagi bagi penderita penyakit tertentu seperti penderita penyakit jantung. Mintalah bantuan seorang profesional untuk membimbing gerakan yoga bikram agar tidak menimbulkan efek negatif untuk tubuh kita.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1438322671458-60693e75-eecc-2″][/vc_column][/vc_row]