Tips Untuk Memulai Bikram Yoga

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Bikram Yoga adalah jenis yoga yang dilakukan di dalam ruangan hangat dan lembab, yang bertujuan untuk membantu melatih otot dan tendon dengan lebih intens. Jenis yoga ini pertama dikembangkan oleh ahli yoga Bikram Choudhuri, dan kini telah meraih popularitas di seluruh dunia. Buktinya, anda kini bisa menemukan banyak studio yang menawarkan kelas yoga ini. Jika anda masuk ke studio yang menawarkan kelas ini, jangan kaget bila mendapati kelasnya bersuhu hangat, antara 40-43 derajat Celsius.

 

 

bikram yoga

 

Anda tertarik untuk melakukannya? Berikut beberapa tips untuk memulai serta hal-hal yang harus diperhatikan:

 

  • Sebelum memulai, berkonsultasilah dengan dokter. Latihan yang diadakan di kelas bersuhu hangat mungkin membawa efek samping jika anda tidak memiliki toleransi terhadap suhu tinggi atau menderita penyakit tertentu.
  • Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat tetapi juga tidak terlalu longgar agar gerakan tidak terhalang.
  • Bikram Yoga memiliki 26 pose yang dirancang untuk memacu sistem kardiopulmonari, meregangkan otot dan memacu sirkulasi. Jika anda baru mulai, anda mungkin akan merasa sedikit pening, nyeri dan mual karena proses detoks. Tetapi, waspadalah jika itu ternyata tanda dehidrasi. Untuk mencegahnya, minumlah air putih yang banyak sebelum berlatih.
  • Perhatikan semua instruksi dengan cermat. Selain untuk latihan, instruksi yang diberikan juga menyangkut keselamatan dan kesehatan anda selama berlatih.
  • Ambil waktu untuk bersantai setelah kelas dengan melakukan shava asana (dead man’s pose) selama sekitar 10 menit. Saat sudah di luar, minum air putih dan makan sedikit buah segar

 

 

Anda bisa beristirahat sebentar di tengah kelas jika merasa mual dan pusing. Caranya, duduk bersila atau berbaring, tutup mata dan bersantailah sebelum memulai lagi. Jangan kaget jika anda merasakan panas yang intens, karena itu pertanda tubuh sedang menyesuaikan diri. Ingat, jika saat melakukan suatu pose anda merasa nyeri yang amat sangat atau merasa tak mampu melakukannya, jangan memaksa.

 

Usahakan melihat ke cermin di dinding kelas saat melakukan suatu pose, untuk memastikan agar anda melakukannya dengan benar. Latihan Bikram Yoga idealnya dilakukan 3 kali seminggu. Semakin banyak latihan, anda akan makin merasakan manfaatnya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1437715958364-27e898ed-8ed0-3″][/vc_column][/vc_row]