Yoga Sebagai Obat Tidur Alami untuk Insomnia

Penyakit insomnia memang sangat mengganggu, khususnya buat mereka yang aktifitas fisiknya sangat tinggi. Mereka yang mengalami gangguan susah tidur ini biasanya disebabkan karena sirkulasi darah yang kurang lancar di dalam tubuh. Meski telah melakukan kegiatan yang menguras tenaga pada siang hari, namun apabila darah tidak bisa mengalir secara lancar, seseorang akan tetap merasa sulit untuk tidur. Sebagian ada yang menggunakan obat tidur untuk membantu proses istirahat ini. Padahal, yoga bisa dimanfaatkan sebagai obat tidur alami tanpa efek samping.

 

yoga untuk tidur alamiBanyak gerakan yoga yang bisa membantu Anda untuk mudah tidur. Tidak perlu lakukan terlalu lama, cukup beberapa detik saja setiap gerakan. Misalnya Pose Cobra (Bhujangasana) dengan mengangkat kedua telapak tangan terbuka sambil berbaring menelungkup. Biarkan perut tetap menempel pada kasur dan angkatlah kepada serta dada Anda. Berbeda untuk terapi mengecilkan perut, Bhujangasana ini bisa berfungsi sebagai obat tidur alami yang dilakukan tidak lebih dari 30 detik setiap malam.

 

Setelah itu, lakukan Prayer Pose (Namaste). Kedua lutut ditekuk seperti sedang sujud dengan tangan direntangkan ke depan. Kepala menunduk sampai kening tersentuh dengan alas/kasur. Bangun dan duduk di atas kaki. Pose ini mirip dengan sujud pada gerakan sholat kaum muslim. Secara biologis, darah akan mengalir ke kepala Anda dan masuk ke salah satu saraf yang tidak dialiri darah kecuali dengan bersujud. Ini merupakan obat tidur alami yang  mempercepat Anda untuk terlelap tanpa harus mengkonsumsi apapun.

 

Banyak pose yoga yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tidur alami ini. Namun yang perlu dihindari adalah latihan berlebihan sehingga malah menimbulkan rasa sakit, padahal tujuannya adalah untuk membuat tubuh nyaman karena sirkulasi darah lancar. Hindari gerakan yang terlalu lama karena tujuan Anda adalah beristirahat, bukan untuk proses penyembuhan terhadap penyakit apapun. Jangan lupa untuk minum air mineral yang banyak. Untuk bisa lebih maksimal, disarankan untuk mengikuti kelas yoga terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya sendiri. Kesalahan dalam berpose bisa mengakibatkan cedera pada bagian tubuh, khususnya tulang belakang.