Anda Galau ? Lakukan Gerakan Yoga Downward Facing Dog serta Variasinya

Yang namanya galau, stres, khawatir, takut, atau emosi lain yang serupa itu memang dapat menggerogoti benak seseorang dan tanpa sadar merampas rasa damai serta sukacita di hatinya. Sekarang, sebelum melanjutkan membaca artikel ini, pergilah ke depan cermin dan amati ekspresi alami wajah. Apakah ada luapan kegembiraan di sana atau sebaliknya, wajah terlihat muram dan tidak bersemangat?

Lalu, periksa juga batin Anda. Apakah ada emosi seperti yang disebutkan tadi, yang tanpa sadar selalu dirasakan dari hari ke hari? Jika ya, maka jangan remehkan itu. Anda perlu segera mengatasinya kalau ingin terbebas dari galau berkepanjangan.

Downward Facing Dog adalah gerakan yoga yang sederhana, namun efektif dan digunakan tiap sesi yoga dimana mana.

Memang benar bahwa setiap orang punya cara berbeda untuk mengatasi kegalauannya. Ada yang mengatasinya dengan berdoa, berlibur, makan, olahraga, karaoke, memancing, atau bahkan hang-out dengan teman-teman. Tapi sesudah melakukan semua itu, apakah stres benar-benar hilang atau malah kembali lagi?

Nyatanya, kalau cara ini-itu sudah dicoba dan belum berhasil juga, maka yoga pose unik satu ini mungkin bisa jadi solusinya. Menurut instruktur yoga, Beth Cooke, ada 1 yoga pose yang bisa mengusir kegelisahan dengan cepat dibanding pose lainnya. Yang ia maksudkan adalah gerakan yoga yang ‘memijat ketiak dalam posisi low lunge’. Nah, untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti beberapa panduan berikiut:

downward facing dog - gerakan yoga galau/stres

Mari kita mulai dengan pose downward facing dog. Berlututlah di atas matras, rentangkan kedua tangan ke atas sehingga kedua telapak tangan menyatu, lalu turunkan tangan di depan dada. Selanjutnya tempatkan kedua telapak tangan di atas matras, kemudian dorong tubuh naik sehingga membentuk pose downward facing dog. Tahan sebentar hingga stabil.

latihan yoga - downward facing dog - untuk stres dan galau

Setelah itu, angkat salah satu kaki ke atas sehingga area pinggul terbuka, dan tekuk lutut kaki yang diangkat tadi ke belakang.

gerakan yoga - downward facing dog - stres dan galau

Layangkan kaki yang ditekuk tersebut ke depan tubuh, posisikan di antara kedua tangan, dan Anda pun masuk dalam gerakan yoga low lunge.

latihan yoga - downward facing dog

Letakkan ketiak di atas lutut, lalu gambarlah sebuah lingkaran di sekitar lutut menggunakan ketiak.

Ide yoga pose satu ini memang terdengar aneh ya? Tapi patut dicoba karena gerakan yoga ini ternyata ampuh lho atasi stres dan kegalauan.

leightwingus

Leigh Wingus

Leigh is the senior yoga & fitness editor at mindbodygreen. She’s also a green-smoothie-obsessed yogi and runner who also enjoys the occasional barre and boot-camp class. She loves to write, she’ll read any book you hand to her, and she’s willing to spend hours hunting down a ripe avocado.