Praktisi Yoga (Yogi) Wajib Mengetahui 5 Kata Sanskrit Ini

Apakah Anda seorang yogi atau praktisi yoga? Apabila jawabannya “YA”, mulailah mengenai 5 kata Sanskrit dibawah ini:

 

1. Asana

Guru yoga biasanya mengajarkan untuk mengeja dengan aksen kata ke dua sebagai berikut” “ah-SAW-nah”. Pengucapan yang benar bisa juga AH’sah-nah, yang artinya adalah “duduk”. Tapi di kelas yoga arti ini bertukar menjadi “pose”.

 

namaste-12. Namaste

Ini adalah kata yang sangat favorit di Sanskrit karena sangat mudah mengatakannya: -nah’-mah’-stay. Artinya adalah cahaya Tuhan dalam diri saya memberikan hormat kepada cahaya Tuhan di diri kamu. Arti mudahnya adalah: “Saya Luar Biasa” dan “Anda Luar Biasa”. Ini adalah bagaimana saling hormat diantara sesama yogi sebelum dan sesudah latihan yoga.

 

3. Om. Oooohhhmmmm.

Ini adalah suara dari alam semesta. Tulisan dari OM sangat universal dan banyak kita temui di dinding studio yoga, tato tubuh, tas yoga, serta dimana-mana. Artinya adalah: “kita sebagai elemen dari alam semesta selalu bergerak, selalu berubah, dan selalu bernafas. Ketika anda mengatakan OM, anda merengkuh vibrasi tersebut.

 

4. Shanti

Mempunyai arti “Kedamaian”. Apabila anda mengatakan “Om shanti shanti shanti,” ini adalah perkataan damai. Di tradisi agama Budha dan Hindu, apabila anda mengatakan kata ini 3x, artinya adalah kedamaian di tubuh, perkataan dan pikiran.

 

5. Yoga

Kita mengetahui bahwa yoga adalah unifikasi pikiran, tubuh dan jiwa. Maka itu kata yoga berarti “yoke” atau unifikasi. Kata yoga sangat mendalam dan bisa juga diartikan berhubungan dengan diri kita, orang lain, alam sekitar dan kebenaran.