Senam Yoga Menggunakan Yoga Block

Yoga block merupakan salah satu alat bantu yang biasa dipergunakan pada senam yoga. Alat ini mulai dipergunakan pada tahun 1960an oleh seorang guru yoga bernama Yogi Iyengar. Ia menyatakan alat ini merupakan salah satu alat yang dibutuhkan untuk dapat memaksimalkan sebuah gerakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Seperti layaknya alat bantu yoga lainnya seperti karpet, bantal, kursi, dsb, alat ini dirancang untuk dapat mengurangi kemnungkinan cidera pada para praktisi.

yoga block

Saat ini, yoga block banyak dipergunakan para guru yoga dalam memperkenalkan gerakan-gerakan yoga kepada para murid pemula.

Yoga Block awalnya didisain dengan bentuk kotak memanjang untuk membuat beberapa bagian lantai menjadi lebih tinggi sehingga lebih mudah dijangkau oleh para praktisi pemula, namun demikian alat tersebut kini telah diproduksi dalam beberapa bentuk berbeda untuk meningkatkan kemampuannya, seperti Three Minutes Eggs yang memiliki bentuk lebih melengkung dibandingkan Yoga Block. Three Minutes Eggs dengan bentuknya yang lebih ergonomis diharapkan dapat menjadi perpanjangan tubuh para praktisinya. Berbagai alat bantu pada yoga dapat  dan baik dipergunakan kapan saja jika memang para praktisi merasa kesulitan dalam melakukan suatu gerakan pada saat melakukan senam yoga.

Beberapa contoh pemakaian yoga block adalah pada beberapa gerakan di bawah ini:

Adho Mudka Svanasana (Downward Facing Dog)

Walaupun para praktisi senam yoga yang cukup berpengalaman dengan mudah dapat melakukan pose ini, namun demikian para pemula biasanya merasa kesulitan untuk tetap menempatkan tangan mereka di lantai karena kekurang fleksibelan kaki mereka.   Untuk itu yoga block diletakkan di bawah tangan mereka, sehingga posisi kaki mereka bisa lurus.

Tadasana (Mountain Pose)

Mountain Pose atau Tadasana adalah pose yoga berdiri pertama yang akan diajarkan para guru pada pemula. Gerakan ini dapat menyebabkan para pemula kesulitan karena gerakan ini membutuhkan otot paha yang kuat. Oleh karena itu, biasanya yoga block diletakkan di antara paha dalam keadaan tidak terlalu keras dijepit ataupun terlalu lemah karena mungkin akan jatuh.

Half Moon Pose dan Triangle Pose

Gunakan yoga block untuk menganjal tangan anda dari lantai. Biasanya digunakan bagi para pemula yang masih belum mempunyai fleksibilitas yang baik. Dengan demikian, posisi dapat dilakukan lebih mudah tetapi mendekati kesempurnaan.