Yoga Telah Mendunia dan Sudah Saatnya Anda Melakukannya

Yoga dari asalnya India, sudah banyak digemari oleh banyak negara. Anda jangan heran dengan pesatnya perkembangan yoga. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang bisa didapat dari yoga. Selain itu, tidak dibutuhkan terlalu banyak tenaga untuk melakukannya, sehingga anda tidak akan mengalami kelelahan setelah melakukannya. Bahkan, anda akan mendapatkan ketenangan dan relaksasi.

 

Yoga sudah banyak dilakukan para bintang di dunia. Bahkan hakim pun melakukannya. Yoga menjadi sesuatu yang “keren” di banyak kalangan. Di Hollywood, yoga berkembang sangat pesat, bahkan di tempat olahraga Pengadilan Tinggi, hakim Sandra Day O’Connor dan 15 orang lainnya mengambil kelas yoga  setiap Selasa pagi.

 

 


oprah and yogaManfaat Menakjubkan Yoga Terungkap Di Oprah Winfrey

Di banyak daerah lain di Amerika, yoga digunakan sebagai tempat yang cocok untuk menghilangkan stres karena tingginya tuntutan pekerjaan. Mereka ingin segera mendengar suara ramah instruktur dan melakukan asanas. Peningkatan orang yang berlatih yoga adalah 2 kali lipat semenjak 5 tahun terakhir dan 75% klub-klub kesehatan di Amerika menawarkan kelas yoga. Mereka berkata bahwa yoga membuat mereka merasa lebih baik.

 

Pada awal bulan ini, Oprah Winfrey mengungkapkan keuntungan-keuntungan dari yoga dengan penampilan Christie Turlington dan Rodney Yee sebagai bintang tamunya. Mereka mengungkapkan dari pernyataan orang-orang yang berlatih yoga, didapatkan bahwa beberapa diantara mereka bisa menurunkan berat badan, berhenti merokok, bisa mengatasi rasa takut akan ketinggian, bisa tidur dengan nyaman, menyelamatkan pernikahan, dan meningkatkan nilai dan sikap anak.

 

Penemuan dalam Oprah Winfrey show sungguh menakjubkan. Tetapi, ada pertanyaan lain yang timbul. Apakah yoga hanya tentang pengaturan pernafasan? Apakah yoga bisa lebih dari itu, misalnya bisa menyembuhkan kanker, atau meremajakan wanita yang sudah menopause? Apakah keuntungan yoga bisa diukur dengan standar medis? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita lihat perbedaan dua budaya disini. Antara India, tempat asal yoga yang memandang tubuh dari dalam dan mengekspresikannya, dan budaya Barat, yang menilai seseorang dari luar terlebih dahulu. Mereka hanya percaya dengan apa yang tercatat dalam data. Orang Barat merawat penyakit seseorang, tetapi orang Timur merawat orang yang terkena sakit. Poin penekanan disini sangat penting dalam perbedaan dua budaya ini.

 

Dalam hal penyembuhan, yoga dianggap bisa memberikan harapan lebih kepada pasien. Dalam sebuah penelitian di tahun 1990 oleh Dr. Dean Ornish, pasien-pasien dengan penyakit jantung yang melakukan latihan aerobik dan yoga diimbangi dengan diet vegetarian menunjukkan adanya peningkatan data dalam hal yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan yoga dapat meningkatkan kesempatan penyembuhan penyakit.

 

Walaupun hanya menunjukkan peningkatan yang positif, yoga dirasa sangat menginspirasi. Seperti kasus Sue Cohen, seorang akuntan yang berusia 54 tahun yang berhasil selamat dari kangker payudara. Dengan latihan yoga yang rutin selama 5 tahun, dia berhasil mengangkat lengannya lagi, yang semula tidak bisa ia lakukan. Yoga telah membuat beberapa orang bisa melakukan sesuatu lebih dari yang mereka bayangkan.

 

Yoga sebelumnya hanya sedikit dikenal di Amerika. Dengan adanya the Beatles dan Mia Farrow yang melakukan perjalanan ke India dan duduk di kaki Maharishi Mahesh Yogi pada tahun 1968, yoga menjadi dikenal. Yoga menjadi lebih dikenal dengan dimasukkannya dalam beberapa adegan di film. Yoga semakin dikenal dengan adanya pengaruh tempat fitnes yang banyak membuka kelas yoga. Yoga adalah tentang fleksibilitas dan kekuatan.

 

Hal yang membuat yoga lebih terkenal adalah karena pengaruh bintang rock dan bintang idola film yang mempromosikan yoga. Artis papan atas seperti Madonna, Julia, Meg, Ricky, Michelle, Gwyneth, Sting dan masih banyak lagi aktor lainnya, telah menunjukkan bahwa yoga sangat bermanfaat. Mungkin saatnya giliran anda sekarang untuk mencobanya.