Power Yoga

Power yoga adalah istilah umum yang digunakan di negara Barat untuk menggambarkan aktifitas nan penuh semangat, dan pendekatan “fitness” berbasis gaya Vinyasa yoga.

Kebanyakan style power yoga erat sekali dengan gaya Ashtanga yoga. Istilah “power yoga” dipakai umum pada pertengahan 1990-an, ketika beberapa guru yoga mencari cara untuk membuat yoga Ashtanga lebih mudah diakses oleh mahasiswa di negara Barat (Amerika).

Tidak seperti Ashtanga, power yoga tidak mengikuti serangkaian pose. Oleh karena itu, setiap kelas power yoga dapat mempunyai variasi yang berlainan. Persamaan dari mereka adalah penekanan pada kekuatan gerakan dan fleksibilitas. Munculnya power yoga pada saat ini disertai popularitas yoga sebagai olahraga. Secara proses, power yoga membawa yoga ke gym-gym/ pusat kebugaran di  Amerika.

PowerYoga

Siapa yang menciptakan Power Yoga?
Dua guru yoga dari Amerika yang paling sering disebut sebagai penemu Power yoga adalah: Beryl Bender Birch, yang berbasis di New York, dan Bryan Kest, yang berbasis di Los Angeles. Secara kebetulan, kedua guru ini telah belajar dengan master Ashtanga Sri K. Pattabhi Jois.  Nama lain yang sering dikaitkan dengan power yoga adalah Baron Baptiste. Baptiste memiliki metode sendiri, yang hanya diajarkan oleh guru yang mempunyai sertifikasi dari dia.

Apakah Power Yoga untuk Anda?
Kelas power yoga sangat bervariasi dari guru ke guru. Power yoga akan  sangat menarik bagi orang-orang yang menyenangi olah raga dengan intensitas tinggi, dan ingin latihan yoga tanpa chanting dan meditasi.