10 Posisi Yoga Bagi Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

Penyakit diabetes  tipe 2 adalah  penyakit yang umum terjadi di Amerika Serikat. Sebenarnya  bukan hanya di Amerika saja namun diabetes tipe 2 juga  terjadi di  Indonesia dan di beberapa negara  dunia. Sepertinya memang  penyakit ini  menjadi hal yang tidak bisa diabaikan dan semakin lama penderitanya semakin bertambah.

 

Karena banyaknya orang  yang  menderita penyakit diabetes  tersebut  sehingga mereka mulai  beralih pada   terapi alternatif dan  komplementer seperti  latihan yoga  untuk mengatasi diabetes  tersebut namun tidak semua terapi tersebut  bisa berjalan dengan baik.    Pada sebuah  study melihat pengaruh yoga  pada  beberapa  jenis komplikasi  diabetes seperti halnya  masalah ginjal dan  tekanan darah tinggi,  hal ini ditemukan bahwa latihan yoga secara teratur   akan  membawa perbaikan  jangka pendek  dengan mengurangi  kadar  glukosa dan  kolesterol.
down dog yoga poseYoga adalah salah satu senam yang bisa membuat  Anda merasa lebih  sehat dan ini juga terjadi apda  penderita diabetes  tipe 2.  Senam  yoga menurut  Patricia  M. Hansen   yang menjadi  praktisi dan konsultan Asosiasi Internasional Yoga Therapist mengemukakan bahwa  yoga mampu merangsang  organ dan mampu meningkatkan  metabolisme dalam tubuh  lebih  efisien.  Jika Anda  menderita  diabetes  tipe 2 maka Anda layak mencoba   yoga dengan 10 posisi yoga yang  dianjurkan bagi  penderita diet.

 

Ada banyak manfaat yang  didapatkan saat Anda mencoba  latihan  ini. Namun, jangan sampai Anda melakukan  latihan yoga  tanpa  seorang istruktur  atau tanpa  berkonsultasi terlebih dulu karena  ada beberapa gerakan yoga yang  dapat berbahaya bagi  penderita diabetes. Seperti halnya pose  menyilangkan kaki, hal ini dapat menyempitkan aliran darah  ke kaki.

 

Jika Anda ingin mencoba yoga sebagai cara terbaik untuk  mengatasi diabetes tipe 2 Anda maka Anda bisa melakukannya secara perlahan. Tentu saja beberapa gerakan membutuhkan bimbingan dari istruktur sebelum Anda benar-benar memulainya. Untuk membantu Anda, maka guru yoga   professional  Susan  Lewis  akan memimpin kelas di Rodale salah satu pesahaan gym untuk menunjukkan beberapa posisi  yoga  yang bermanfaat  bagi penderita  diabetes tipe 2.

 

 

Adapun 10 posisi yoga tersebut sebagai berikut: