Mengenal Iyengar Yoga Lebih Lanjut

Sebelum mengenal apa itu Iyengar yoga dan apakah yoga ini memiliki perbedaan dengan yoga-yoga lainnya, banyak orang mungkin ingin mengetahui apa sebenarnya manfaat dari melakukan latihan yoga itu sendiri.

Tak dapat dipungkiri ternyata banyak orang tertarik untuk berlatih yoga namun seringkali keinginan tersebut dipatahkan dengan adanya rasa khawatir akan cidera saat berlatih melihat beberapa gerakan dan posisi yoga yang cukup sulit untuk dilakukan. Padahal, bila sudah bergabung dan mengenal yoga secara mendalam, kekhawatiran tersebut akan hilang karena pose dan gerakan yang dilakukan dalam yoga memang sudah terdapat tahapan dan urutannya. Ketika seseorang dirasa belum sanggup untuk melakukan gerakan selanjutnya, hal ini tidak akan dipaksakan untuk melakukan pose tersebut saat latihan.

B.K.S Iyengar juga disebut salah satu Bapak Yoga sejagad.

Mengenal Iyengar Yoga Lebih Lanjut 1

Hal tersebut pula yang diterapkan dalam latihan yoga yang dikembangkan oleh B.K.S. Iyengar yang merupakan pencipta yoga ini. Yoga pada dasarnya adalah mengacu pada kualitas dan manfaat. Melihat pemahaman ini, latihan yoga tentu merupakan salah satu olahraga yang sangat minim cidera apalagi dalam latihan Iyengar yoga juga menggunakan beberapa alat bantu seperti strap, bolster, ataupun blanket untuk bisa mendapatkan ketepatan pose-pose dalam yoga yang mana dari masing-masing pose tersebut tentu memberikan banyak manfaat bagi pelakunya. Penggunaan alat bantu (yoga props) tersebut juga bisa lebih meminimalisir adanya kemungkinan resiko cidera akibat terlalu memaksakan diri dalam mengambil suatu pose.

Dengan berlatih yoga ini secara rutin dan berkelanjutan, tubuh akan semakin mengoptimalkan fungsinya sehingga peserta yoga bisa mendapatkan banyak manfaat untuk tubuhnya. Sebagai salah satu contohnya adalah untuk mencegah timbulnya pengapuran ataupun reumatik dengan adanya rangsangan kepada sendi untuk bisa memproduksi minyak yang bisa digunakan untuk mempermudah gerakan-gerakan organ. Selain untuk melatih sendi, latihan yoga juga bisa membantu memaksimalkan asupan oksigen ke seluruh tubuh sehingga kinerja tubuh serta proses regenerasi sel akan berjalan lebih baik.

Yoga yang dikembangkan B.K.S Iyengar ini memang memiliki gerakan yang berbeda-beda pada tiap kelasnya. Gerakan ataupun pose yoga yang dilakukan disesuaikan dengan manfaat yang akan diperoleh. Dengan adanya pembagian gerakan ataupun pose berdasarkan dari manfaat tersebut, peserta yoga bisa menentukan tujuan ataupun manfaat seperti apa yang mereka butuhkan. Pose dan jenis gerakan yoga untuk mengatasi berbagai permasalahan saat menstruasi pastinya akan berbeda dengan gerak yang diperuntukkan untuk relaksasi (lihat forum – “Apakah Iyengar Yoga“)

Keunikan yang ada pada Iyengar yoga adalah terletak pada adanya penjajaran, tata urutan, serta pemilihan waktu. Tiap pose dalam latihan yoga tersebut bisa dilakukan modifikasi tergantung pada manfaat yang akan diperoleh dari latihan tersebut. Selain itu, setiap guru dalam yoga ini hendaknya juga bisa mengerti muridnya sehingga jenis pose dan gerakan yoga yang diberikan juga sesuai dengan manfaat apa yang diperlukan. Dengan melakukan yoga secara rutin, hal ini bisa memberikan harmonisasi dan keseimbangan terhadap pikiran dan hati serta sangat berguna untuk menjaga kesehatan.