7 Gerakan Yoga yang Dapat Menghilangkan Nyeri Haid

nyeri haid

Gerakan yoga seperti apa sih yang ampuh menghilangkan nyeri haid? Sebenarnya wajar bila Anda hanya ingin tidur meringkuk di atas ranjang ketika sedang mengalami nyeri haid. Namun sayangnya, tindakan tersebut tetap tidak mampu menghilangkan sensasi nyerinya.  

Untuk itu, lebih baik lakukan gerakan yoga sederhana untuk menghilangkan nyeri haid. Tenang, gerakan yoga yang akan kami paparkan berikut dapat Anda lakukan di atas ranjang kok.

1. Gerakan Yoga Wide Child Pose

gerakan yoga child pose

Gerakan yoga yang pertama ini tidak hanya efektif memanjangkan punggung  bawah, tapi juga membuka pinggul. Oleh sebab itu, peregangan yang dihasilkan dinilai mampu mengurangi nyeri pinggul sekaligus meningkatkan kesehatan area tersebut. Selain itu, child pose juga memberi dampak relaksasi bagi tubuh dan pikiran.

Saat mempraktekkannya, pastikan kalau kedua lutut terpisah jauh sehingga perut dapat ‘mendarat’ rileks di antaranya.

2. Gerakan Yoga Reclining Twist

reclining twist pose

Daripada berbaring telentang biasa, cobalah praktekkan gerakan yoga Reclining Twist. Caranya, angkat lutut kiri kemudian daratkan itu sebelah kanan tubuh. Selanjutnya rentangkan tangan lurus menjauhi tubuh dan arahkan pandangan serta dada ke kiri. Lakukan juga untuk lutut kanan.

Pose yoga yang melibatkan aksi memelintir tubuh ini dapat meningkatkan kelenturan tulang belakang. Alhasil, nyeri perut maupun punggung bawah akibat haid jadi mereda.

3.Gerakan Yoga Arching Pigeon

pigeon pose

Satu lagi pose yoga yang juga efektif membuka pinggul, yakni Arching Pigeon. Lebih dari sekedar menghilangkan nyeri haid, gerakan yoga tersebut juga ampuh dalam:

  • Menstimulasi organ internal tubuh.
  • Meregangkan otot pantat bagian dalam, lipatan paha, maupun psoas (otot panjang pada tulang belakang dan panggul).
  • Melenturkan pinggul.
  • Meredakan ketegangan saat haid.

4.Gerakan Yoga Camel Pose

camel pose

Gerakan yoga yang dapat menghilangkan nyeri haid selanjutnya adalah Camel Pose. Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat mempraktekkan Camel Pose:

  • Meregangnya otot perut sehingga keluhan nyeri haid dapat segera teratasi.
  • Meningkatnya fleksibelitas tulang belakang.
  • Terstimulasinya sistem saraf.
  • Terbukanya area dada serta bahu.
  • Meningkatnya sirkulasi serta sistem pencernaan.

5.Gerakan Yoga Cat Pose

cat pose

Jika nyeri haid yang Anda rasakan disebabkan oleh sembelit, maka Cat Pose adalah solusinya. Pose yoga satu ini tidak hanya meregangkan leher dan tubuh bagian atas saja. Tulang belakang maupun organ perut juga seolah dipijat ketika mempraktekkannya. Efek ini otomatis membuat peredaran darah lebih lancar sehingga nyeri haid lebih mudah teratasi.

6.Gerakan Yoga Tiger Pose

tiger pose

Setelah mempraktekkan Cat Pose, tidak ada salahnya melanjutkan gerakan yoga dengan Tiger Pose. Gerakan yang efektif meredakan nyeri punggung bawah ini juga berguna meregangkan otot perut dan tulang belakang.

7.Gerakan Yoga Half Bound Squat

half bound squat pose

Gerakan yoga untuk menghilangkan nyeri haid yang terakhir adalah Half Bound Squat. Posisi ini diawali dalam posisi jongkok. Setelah itu, rangkul kaki kiri dengan lengan kiri, lalu kaitkan kedua tangan di belakang tubuh. Arahkan pandangan serta tubuh ke kanan atas. Lakukan pula untuk sisi tubuh sebelah kanan.

Jadi itulah tadi beberapa gerakan ampuh yang dapat menghilangkan nyeri haid yang harus dicoba. Selamat berlatih!