7 Gerakan Yoga untuk Menangani Masalah Konstipasi dengan Cepat

konstipasi

Daripada minum obat, lebih baik atasi masalah konstipasi dengan gerakan yoga saja. Tak hanya membuat BAB lancar, beberapa gerakan yoga yang akan kita bahas berikut juga mampu meredakan stres. Perlu diketahui, stres merupakan salah satu penyebab utama berbagai gangguan dan penyakit dalam tubuh, dan konstipasi termasuk di dalamnya. 

Bicara soal konstipasi, kebanyakan orang tahunya itu berarti susah BAB saja. Padahal menurut ilmu kedokteran, kondisi BAB tidak lancar, yang durasinya kurang dari 3 kali seminggu, juga termasuk konstipasi. Gejala lain dari sembelit atau konstipasi adalah tekstur feses keras, perlu usaha ekstra saat mengejan, hingga BAB tidak tuntas.

Karenanya, bila mengalami gejala konstipasi, mari segera lakukan rutin beberapa gerakan yoga untuk masalah konstipasi berikut:

1. Seated Twist (Matsyasana Twist)

gerakan yoga seated twist

Mari kita mulai dari gerakan yoga yang paling mudah lebih dulu, yakni seated twist. Pose tersebut digadang-gadang dapat menstimulasi saluran pencernaan sehingga mendorong proses detoksifikasi. 

2. Gerakan Yoga Crescent Twist

gerakan yoga crescent twist

Nah kalau gerakan twist selanjutnya ini terbukti efektif dalam ‘memijat’ saluran pencernaan. Dengan begitu, gerak peristaltik usus saat proses pencernaan berlangsung jadi lebih lancar. 

3.Gerakan Yoga Supine Twist

gerakan yoga supine twist

Masih dengan aksi memelintir tubuh, supine twist ternyata tak cuma ahli memijat usus. Gerakan yoga tersebut juga melancarkan proses pembuangan/ detoksifikasi. Di samping itu, supine twist juga baik untuk merangsang sirkulasi darah ke usus sehingga membuatnya semakin sehat. 

4.Downward Facing Dog

gerakan yoga downward facing dog

Manfaat downward facing dog tak sekedar untuk meregangkan seluruh tubuh saja, tapi juga  mampu melepaskan ketegangan yang timbul. Di samping itu, gerakan yoga tersebut juga efektif untuk melancarkan proses pembuangan sisa hasil pencernaan. 

5.Standing Forward Bend

gerakan yoga standing forward bend

Meski mungkin tak ada kaitannya langsung dengan sistem pencernaan, tapi standing forward bend ampuh untuk meredakan stres. Selain itu, gerakan yoga ini juga bisa menenangkan sistem saraf sehingga meningkatkan fungsi saluran cerna. Lebih dari itu, tekanan pada perut saat mempraktekkan gerakan yoga ini juga dapat mengoptimalkan proses pencernaan sehingga konstipasi bisa dicegah.

6.Wind Relieving Pose 

gerakan yoga wind relieving pose

Tak hanya ampuh mengatasi konstipasi, wind relieving pose juga bisa meredakan kembung. Lebih dari itu, gerakan yoga satu ini juga ampuh menstimulasi lambung, usus kecil, serta usus besar sehingga mendukung keseluruhan proses pencernaan. 

7.Child’s Pose

gerakan yoga child's pose

Tujuan utama melakukan child’s pose mungkin tak berhubungan langsung dengan masalah konstipasi. Namun, gerakan yoga yang terakhir disarankan ini justru sanggup mengatasi salah satu penyebab utama konstipasi, yakni stres. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kan mengakhiri rangkaian latihan yoga tadi dengan pose restoratif tersebut?!

Untungnya lagi, tak perlu waktu lama kalau ingin mempraktekkan gerakan yoga untuk masalah konstipasi di atas. Cukup luangkan waktu beberapa menit setiap pagi dan rasakan manfaatnya.