5 Gerakan Yoga untuk Menghilangkan Sakit Kepala Hanya dalam Hitungan Menit !

sakit kepala

Sakit kepala dapat mendera siapa saja dan kapan saja. Gangguan kesehatan ringan ini umumnya ditandai dengan sensasi tegang pada leher, bahu, serta kepala. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari dehidrasi, stres, tegang, efek mabuk, atau lainnya.

Untungnya, tak harus minum obat untuk meredakannya. Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan yoga.

Berikut 5 asana yang mampu meregangkan sekaligus membuka area leher, bahu, maupun punggung agar sirkulasi darah ke otak semakin lancar. Saat mempraktekkannya, pastikan untuk menarik nafas dalam mulai dari diafragma sehingga oksigen bisa beredar lancar di seluruh tubuh.

1.Seated Neck Release

gerakan yoga seated neck release
Gerakan Yoga Seated Neck Release

Karena leher seringkali jadi pemicu sakit kepala, maka penting sekali untuk melakukan stretching di area tersebut. Anda cukup duduk dalam posisi nyaman, jaga punggung dan leher tetap tegak. Setelah itu, letakkan tangan kiri di sisi kanan kepala, kemudian perlahan miringkan kepala ke kiri. Tahan selama beberapa hitungan nafas sebelum ganti sisi satunya. Ulangi gerakan yoga sederhana ini beberapa kali hingga intensitas sakit kepala berkurang.

2.Viparita Karani (Legs Up The Wall)

gerakan yoga viparita karani
Gerakan Yoga Viparita Karani

Menyandarkan kedua kaki ke dinding ternyata mampu menghilangkan sakit kepala. Hal ini karena gerakan yoga tersebut juga meregangkan otot-otot leher. Beberapa kalangan bahkan mengklaim pose rileks ini dapat menghilangkan sakit kepala dalam hitungan menit.

Cara melakukannya tidak sulit. Duduklah di ujung matras dan posisikan pinggul kanan menyentuh dinding. Selanjutnya, putar tubuh sedikit sehingga Anda sekarang berbaring terlentang di atas matras. Rentangkan kaki agar bersandar ke dinding.

Pastikan pantat hampir menyentuh dinding, dan kaki lurus rapat ke atas. Letakkan tangan di atas perut, rileks sambil tutup mata. Selama 3-10 menit berikutnya, bernafaslah dalam dan pelan dalam posisi ini.

3.Adha Mukha Svanasana (Downward Facing Dog Pose)

gerakan yoga adha mukha svanasana
Gerakan Yoga Adha Mukha Svanasana

Sakit kepala ternyata juga dapat lenyap dalam hitungan menit berkat gerakan yoga Downward Facing Dog Pose. Alasannya karena pose yang meregangkan hamstring, dada, serta tulang belakang ini merangsang aliran darah ke kepala. Hanya pastikan untuk fokus pada nafas dalam ketika mempraktekkannya, dan biarkan kepala menggantung di antara bahu.

Menariknya lagi, selain sakit kepala, pose ini juga ampuh meredakan lelah, sakit punggung, dan otot kaku akibat duduk seharian.

4.Happy Baby Pose

gerakan yoga happy baby
Gerakan Yoga Happy Baby

Lantas bagaimana jika sakit kepalanya kira-kira disebabkan oleh sakit punggung?! Berhentilah sejenak dari rutinitas dan tenangkan diri dengan mempraktekkan Happy Baby Pose.

Berbaringlah sambil menekuk kedua lutut, pegang paha atau ujung jari kaki. Goyangkan badan pelan ke kanan-kiri secara bergantian, supaya pinggul dan punggung bawah mengalami stretching.

5.Uttanasana (Standing Forward-Fold)

gerakan yoga uttanasana
Gerakan Yoga Uttanasana

Meski dibahas terakhir, tapi Uttanasana ternyata merupakan salah satu asana yang paling populer untuk menghilangkan sakit kepala. Gerakan yoga ini ampuh menyegarkan kembali sistem saraf dengan cara meningkatkan suplai darah sekaligus menenangkan pikiran.

Cara mempraktekkannya juga mudah dan tak butuh ruang besar. Cukup berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, lalu bungkukkan badan ke depan. Usahakan kepala dan leher rileks ketika melakukannya.

Jadi itulah tadi 5 gerakan yoga untuk menghilangkan sakit kepala dalam hitungan menit. Selama mencoba!