Memperdalam Ilmu Senam Yoga dengan YTT

Setelah beberapa tahun berlatih yoga, mungkin pada suatu fase anda merasakan kemajuan latihan yoga tidak mengalami kemajuan yang pesat atau berarti.   Mungkin ada perasaan berjalan di tempat, alias disitu situ saja. Apabila sudah begini, apakah harus mengambil Yoga Teacher Training (YTT)?

 

Yoga Teacher Trainings are designed to train teachers…

Salah satu hal yang penting diketahui, teacher training (pelatihan guru yoga) adalah untuk menjadi guru yoga, bukan untuk memperdalam ilmu yoga! Anda akan mengembangkan kemampuan teknikal profisiensi, serta belajar philosophi serta tradisi yoga. Maka itu harus dibedakan antara mengajar yoga dan berlatih yoga.

 

YTT - yoga teacher training programApa yang dipelajari pada Teacher Training Program…

Teacher training di desain untuk mengembangkan kemampuan mengajar yoga dengan baik. Memang tidak semua yoga teacher training memberikan metologi yang sama. Ada yang me fokuskan pada pelajaran bagaimana mengajar dengan baik, ada juga yang seperti latihan yoga biasa. Seperti kelas yoga lainnya, yoga teacher training berbeda satu dengan lainnya dan hal ini tergantung dari personality dan tujuan dari guru pengajar.

 

Bagaimana Menemukan YTT Program yang cocok bagi saya?

Advis saya bagi yang ingin mengikuti YTT adalah melihat langsung dan berbicara langsung dengan pengajar/faculty. Tanyakanlah focus dari YTT, apakah lebih fokus pada latihan yoga, atau pada metodologi mengajar? Mintalah syllabus, setidaknya yang menjelaskan breakdown dari skedul training. Apabila mereka tidak mempunyai syllabus dan guru sulit untuk diajak komunikasi, lebih baik anda menemukan YTT lainnya.

 

Tentu saja, anda juga harus mengikuti kelas dari guru yoga tersebut sebelum bergabung YTT untuk memastikan apakah pelajaran benar-benar cocok (resonates) dengan pribadi anda atau tidak

 

 

Memperdalam Ilmu Senam Yoga dengan YTT 1ABOUT JASON CRANDELL
Jason Crandell teaches alignment-based vinyasa yoga workshops and teacher trainings around the world. For more information about Jason and Jason’s trainings, contact www.jasonyoga.com.