Beda Gerakan Iyengar Yoga dengan Yoga Lainnya

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Iyengar Yoga adalah yoga style yang cukup unik dan mengalami perberkembangan yang cepat belakangan ini, termasuk di Indonesia. Iyengar Yoga style ditemukan oleh seorang yoga master yaitu B.K.S Iyengar. Yoga style ini dikembangkan berdasarkan religi Hindu dan tulisan “Eight Limbs of Yoga” oleh Patanjali. Adapun penggabungan elemen meditasi merupakan hal yang penting pada latihan, untuk menuju suatu kesatuan fleksibilitas dan stamina yang baik.

 

iyengar yogaGerakan yoga di Iyengar yoga  berdasarkan dari Hatha Yoga.  Yang paling diutamakan adalah menuju pada “alignment”/posisi yang benar.  Maka itu jangan heran apabila pada kelas Iyengar yoga, instruktur akan membahas posisi yoga secara detil dan mendalam.

 

B.K.S Iyengar me-konsepkan gerakan yoga asana sekitar 200 posisi, dengan 14 teknik pernafasan yang menyertai setiap variasi. Setiap pose dan teknik pernafasan berbeda satu dengan lainnya tergantung dari level dan tingkatan praktisi.

 

Setiap praktisi dari Iyengar yoga wajib menjaga keseimbangan pikiran dan tubuh (mind and body) -> diutamakan “body alignment” yang benar ; untuk mendapatkan hasil yoga asana yang maksimal. Dengan demikian, praktisi dapat melakukan pose yoga dengan aman dan bebas dari cedera.

 

Seperti yoga style lainnya, asanas dan pranayama (pernafasan) sesuatu hal yang melengkapi satu dengan lainnya. Tetapi di Iyengar, seseorang diharuskan menguasai asana dengan baik baru diajarkan pengertian pranayama.

 

Untuk menuju meditasi, Iyengar yoga style lebih me-prioritaskan komitmen di fisik dan mental dahulu. Karena tanpa persiapan yang matang pada kedua elemen ini, seseorang tidak dapat sukses dengan latihan meditasinya.

Meditasi diasosiasikan dengan “action”. Artinya, meditasi dengan sendirinya akan terjadi apabila kita dapat merasakan semua aspek dari tubuh kita (building awareness on your body).

 

Berikut gambaran mengenai keunikan Iyengar yoga style dibandingkan dengan yoga lainnya…

Ada 3 karakteristik, yaitu:

  • Teknik – B.K.S Iyengar membuat konsep 200 macam yoga asana. Setiap pose mempunyai tujuan dan mempunyai definisi yang komprehensif. Di setiap asana, disertai teknik pernafasan.
  • Be-urutan (sequence) – gerakan dari yoga asana harus dilakukan dengan urutan yang telah ditentukan.
  • Timing – Biasanya setiap pose telah ditentukan timing atau lama dari pose tersebut. Dengan demikian, praktisi diharuskan untuk melakukan pose yang baik dengan proper adjustment/ alignment yang benar.

 

Tidak dapat dipungkiri, karena Iyengar yoga style sangat mementingkan pengetahuan postur dan alignment posisi yang baik dan benar, yoga style ini cocok bagi orang yang mempunyai masalah dengan kesehatan.  Contoh masalah kesehatan ini seperti otot yang kaku, sakit pinggang,  sakit bagian leher dan punggung dan lainnya.  Setiap pengajar di Iyengar yoga style mempunyai sertifikasi dan dikontrol ketat dari pusat.  Maka itu, bagi pemula dan orang yang telah berumur, yoga style ini sangat cocok untuk dipelajari, karena anda akan belajar sesuatu yang benar dari awal dan aman oleh cidera yang tidak di-inginkan.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Top Rated Products” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][woocomposer_carousel shortcode=”JTVCcmVjZW50X3Byb2R1Y3RzJTIwJTIwcGVyX3BhZ2UlM0QlMjI5JTIyJTIwY29sdW1ucyUzRCUyMjQlMjIlMjBvcmRlcmJ5JTNEJTIycmFuZCUyMiUyMG9yZGVyJTNEJTIyYXNjJTIyJTVE” product_style=”style01″ text_align=”left” on_sale_style=”wcmp-sale-circle” on_sale_alignment=”wcmp-sale-right” product_img_disp=”single” img_animate=”rotate-clock” scroll_opts=”auto” slides_to_scroll=”1″ scroll_speed=”1000″ advanced_opts=”” autoplay_speed=”500″][/vc_column][/vc_row]