4 pertanyaan “YOGA” – yang mungkin anda tidak mendapatkan jawaban yang tepat!

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Kali ini kita akan membahas 4 pertanyaan mengenai “yoga” yang sering ditanyakan oleh praktisi, tetapi mungkin anda belum pernah mendapatkan jawaban yang tepat… Ada baiknya anda mempelajari dan menyimak lebih lanjut

 

 

 

punggung dan leherApakah “yoga” dapat menyembuhkan sakit pada punggung dan leher saya?
Meski tidak ada jenis perawatan yang dapat memberikan garansi berhasil atau tidaknya untuk suatu kesembuhan,  latihan/gerakan yoga yang dilakukan dengan benar dapat menyembuhkan atau meringankan gejala sakit pada punggung dan leher. Cukup banyak contoh yang dapat dikaji yaitu apabila seseorang berlatih yoga 2 (dua) kali seminggu selama 8 minggu, dia akan mendapatkan kekuatan pada otot-otot (strength), fleksibilitas (flexibility), dan daya tahan (endurance). Tiga  faktor ini adalah elemen penting dari rehabilitasi program untuk sakit punggung dan leher.

 

 

 

Aktifitas yoga memberikan konsentrasi pada nafas dan meditasi, menambah respons relaksasi dan ini mengurangi rasa sakit. Yoga juga dipercaya dapat menyembuhkan depresi dan anxiety yang dipercaya memperparah sakit pada punggung dan leher.

 

 

 

Apakah “YOGA” dapat dilakukan oleh seseorang yang kurang mempunyai fleksibilitas?

Sering kali, orang yang pada dasarnya kurang “fleksibel”, menerima keuntungan (benefits) dari berlatih yoga. Posisi yoga biasanya dapat dimodifikasi bagi pemula, sehingga setiap orang dapat melakukan posisi/gerakan yoga dengan versi yang diinginkan. Yoga sudah tentu akan meningkatkan fleksibilitas seseorang, dan melebihi olahraga manapun untuk yang satu ini.  Setiap posisi yoga membutuhkan keahlian (skills) yang berbeda, maka itu sangat penting untuk menemukan guru yoga yang berpengalaman. Apabila anda merasakan badan anda terlalu kaku dan ingin lentur – anda dapat mencoba “Yoga Body Stretch”, suplemen alami untuk meningkatkan kelenturan badan.

 

 

 

Adakah ciri-ciri yang dimiliki oleh seseorang yang tidak disarankan untuk “latihan Yoga”?
Yoga dapat dilakukan dengan aman oleh setiap orang, meskipun demikian ada beberapa catatan untuk kondisi medical yang harus diperhatikan dan dihindari. Contoh kondisi ini sebagai berikut:

 

 

 

Pasien yang telah di-diagnosis mengalami spinal stenosis, dan harus menghindari peregangan pada tulang belakang, sebagai contoh posisi backbends.
Pasien Cervical spine akut, dan harus menghindari posisi headstands dan shoulder stands.

 

 

 

Informasi tambahan mengenai posisi yoga yang harus dihindari atau tidak disarankan tentunya dapat dipelajari dengan memperoleh guru yang kompeten dan berpengalaman.  Maka itu, anda harus mengetahui secara baik background guru anda apabila mempunyai keluhan kesehatan sebelumnya.

 

 

 

Bagaimana saya mendapatkan “guru Yoga” yang baik?
Pertanyaan diatas tidak mudah untuk dijawab, karena proses yoga teacher training dan sertifikasinya tidak ada badan regulasi yang mengatur. Maka itu, anda harus pintar dan cerdik untuk bertanya kepada calon guru yoga anda. Beberapa kiat adalah sebagai berikut:

 

 

 

Sebelum mengikuti kelas yoga, ada baiknya anda melihat bagaimana calon guru mengajar. Bandingkan guru tersebut dengan guru lainnya dan perhatikan bagaimana dia menjelaskan teknik pose yoga. Apakah dia memberikan perhatian yang baik pada tiap muridnya?
Selama anda melakukan observasi, apakah anda mengerti apa yang di-instruksikan oleh calon guru yoga? Apakah calon guru mempunyai communication skills?
Apabila memungkinkan, dapatkan informasi dimanaka dia mendapatkan sertifikasi mengajar yoga? Apakah sertifikasi ini mempunyai sifat lokal atau international? Apakah hal ini sekedar mengikuti seminar atau betul-betul sertifikasi guru?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1439523663404-cf5e09db-5727-9″][/vc_column][/vc_row]