Mengantisipasi Gejala Diabetes dengan Yoga

Diabetes merupakan penyakit keturunan yang bisa menyebabkan kematian. Gula, oleh sebagian kalangan disebut sebagai silent killer yang bisa membunuh pengkonsumsinya secara perlahan namun pasti. Namun sebelum kematiannya, biasanya penderita akan mengalami kebutaan total terlebih dulu. Gejala diabetes yang paling awal berupa terlalu sering buang air kecil meski tidak minum banyak, dan lamanya luka di kulit untuk sembuh. Diabetes atau yang disebut kencing manis ini memang merupakan penyakit yang muncul dalam jangka waktu yang panjang.

 

gejala dan penyakit diabetesSaat mengalami gejala diabetes, sebenarnya calon penderita bisa mengantisipasinya dengan melakukan olahraga secara teratur. Hasil penelitian dari Harvard University mengemukakan bahwa yoga dan angkat beban dapat mengurangi resiko hingga 40 persen apabila dilakukan secara rutin selama 3 hingga 4 jam seminggu. Cukup ringan bagi mereka yang sibuk. Bila kurang dari durasi waktu tersebut, resiko yang bisa dihindari mencapai 13 persen. Oleh karena itu, melakukan yoga secara teratur bisa membuat tubuh melakukan proses penyembuhan terhadap penyakit kencing manis ini.

 

Studi yang dilakukan Harvard melibatkan 100 ribu wanita yang melakukan olahraga serta yang tidak melakukannya. Selama delapan tahun penelitian, ternyata wanita yang rajin olahraga yoga dan angkat beban selama satu jam tidak mengidap gejala diabetes sedikitpun. Sementara mereka yang jarang berolahraga ternyata terkena penyakit diabetes tipe 2.  Hasil riset eksperimental tersebut dipublikasikan ke jurnal PLOS Medicine.

 

Dr Richard Elliot, dalam wawancaranya dengan The Express mengungkapkan fakta menarik. Olahraga ringan seperti lari, yoga atau sekedar stretching ternyata bisa menurunkan resiko terkena diabetes pada wanita. Penelitian ini memang tidak menjadikan pria sebagai objek sehingga belum diketahui secara pasti bagaimana pengaruh yoga terhadap kaum Adan. Namun riset ini bisa memperkuat kesimpulan bahwa yoga bisa mengurangi gejala diabetes pada umumnya.

 

Sebagai olahraga yang mengutamakan kelenturan syaraf, otot dan pembuluh darah, yoga bisa membantu tubuh manusia dalam memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk juga alat pencernaan dan ginjal. Gejala diabetes yang berawal dari konsumsi gula secara berlebihan bisa diminimalisir asalkan seseorang bisa konsisten melakukan yoga setiap minggunya.