7 Faktor Penyebab Diabetes

Mungkin pertanyaan penyebab diabetes tersebut menjadi pertanyaan bagi banyak orang seiring dengan meningkatnya jumlah penderita diabetes. Penyakit yang dahulu dikenal sebagai penyakit yang hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, kini sudah mulai banyak diderita oleh anank, anak dan remaja. Bahakan hasil penelitian menyebutkan bahwa setiap 14 menit, ada soerang yang meninggal akibat diabetes. Demikian menakutkannya penyakit ini, membuat orang semakin bertanya-tanya akan apa sebenarnya yang menjadi penyebab diabetes.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah daftar beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab diabetes:

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan akan membuat kelebihan lemak mempengaruhi insulin bekerja secara tidak normal yang memicu terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Anak-anak memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas, oleh karena itu anak-anak juga rentan terserang diabetes.

  1. Kebiasaan Kurang gerak

Jika anda termasuk orang yang setiap hari melakukan kegiatan yang tidak menuntut anda untuk bergerak, seperti bekerja duduk di depan computer ber jam-jam, maka anda beresiko untuk terserang obesitas. Terlebih lagi jika anda memiliki kebiasaan ngemil pada saat bekerja dan malas berolah raga.

penyebab diabetes
  1. Menkonsumsi makanan yang tidak sehat

Faktor lain yang memicu terjadinya diabetes adalah mengkonsumsi makanan yang dapat merusak kesehatan. Makanan yang kita konsumsi hendaknya makanan yang mengandung serat yang cukup dan tidak mengandung lemat atau karbohidrat yang berlebihan. Hindari makanan cepat saji yang mengandung lemak dan koresterol tinggi.

  1. Faktor genetis

Salah satu penyebab diabetes yang paling dikenal oleh banyak orang adalah faktor keturunan atau genetis. Seseorang kemungkinan akan menderita diabetes karena keluarganya memiliki catatan penyakit diabestes. Faktor genetis dapat memiliki peranan yang sangat penting sebagai pemicu penyakit diabetes. Sehingga banyak orang yang mempercayai bahwa penyakit diabetes adalah penyakit keturunan yang akan selalu diwariskan ke generasi berikutnya.

  1. Umur

Kemungkinan menderita penyakit diabetes akan meningkat seiring bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia maka kemampuan sistem tubuh kita akan mengalami penurunan begitupula dengan sell yang ada dalam tubuh kita yang kebal terhadap insulin. Namun, jika kita mampu mempertahankan berat badan yang ideal, maka kita akan mampu mengurangi kemungkianan tersebut.

  1. Tingkat kolesterol yang tinggi

Jika anda termasuk orang yang memiliki tingkat koresterol yang tinggi, maka anda termasuk orang yang memiliki kecendrungan mengidap diabetes. Koresterol tinggi dapat mengakibatkan obesitas, kolesterol tinggi dapat terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi dan jarang berolahraga.

  1. Kehamilan

Ibu yang sedang hamil sangat rentan untuk menderita diabetes. Hal ini disebabkan karena pada saat hamil kelenjar insulin tidak dapat berfungsi secara normal, sehingga gula dalam darah tidak dapat diproses secara maksimal. Sehingga banyak kandungan gula yang tidak diproses menjadi energi yang tertimbun di dalam darah. Hal ini juga akan berdampak buruk bagi janin yang dikandung, karena bayi tersebut juga beresiko menderita diabetes apabila ibunya menderita diabetes pada saat mengandung.

Penyakit diabetes memang penyakit yang menakutkan. Oleh sebab itu, pengetahuan akan penyebab diabetes mutlak untuk kita ketahui bersama. Dengan mengatahui penyebabnya maka kita dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat.