Cara Meninggikan Badan dengan 7 Yoga Asana

Saat berada di tengah keramaian, mereka yang bertubuh tinggi biasanya lebih mudah ditemukan. Selain itu, dunia juga serempak berpendapat kalau postur badan tinggi selalu lebih menarik. Lantas bagaimana kalau secara genetik, Anda tidak dikaruniai tubuh tinggi? Well, terlepas dari faktor keturunan, sebenarnya nutrisi maupun olahraga juga berperan penting dalam menentukan seberapa tinggi tubuh seseorang.

Soal ini mungkin ada yang membantah: “tapi usiaku sudah tidak muda lagi, jadi sepertinya sudah terlambat untuk menambah tinggi badan.” Siapa bilang?! Melalui cara meninggikan badan dengan 7 yoga asana yang akan kita bahas nanti, Anda tetap bisa bertambah tinggi meski bila umur sudah matang.

Cara meninggikan badan di yoga asana dengan memperbaiki postur tubuh untuk berdiri dengan tegak dan baik.

Alasannya karena cara meninggikan badan yang dimaksud di sini bukanlah membuat tubuh bertambah panjang beberapa cm, namun lebih kepada memperbaiki postur tubuh. Faktanya, kebanyakan dari kita cenderung memiliki postur tubuh bungkuk, entah karena tidak percaya diri, kebiasaan yang salah, dll. Apapun penyebabnya, intinya tetap sama, membungkuk membuat badan terlihat lebih pendek dari yang seharusnya.

Nah 7 yoga asana inilah yang akan kita gunakan untuk memperbaiki postur tubuh tersebut. Tak hanya dapat meregangkan otot-otot tubuh, gerakan yoga ini juga dapat merilekskan pikiran dan meredakan stres sehingga produksi hormon pertumbuhan bisa maksimal. Pose yang akan kita bahas bersama ini juga dapat mendetosifikasi tubuh sehingga sel dan hormon bisa berkembang maksimal. Semua ini bisa memberikan dampak pada tinggi badan sehingga dengan latihan keras, bukan tidak mungkin kalau Anda jadi terlihat tinggi dibanding sebelumnya.

Yang perlu diingat adalah, perubahan tinggi badan pun butuh waktu dan juga proses, jadi jangan harapkan hasil yang instan. Oke, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak cara meninggikan badan dengan 7 yoga asana berikut ini.

1. Surya Namaskaras (Sun Salutation)

surya namaskar - gerakan yoga - cara meninggikan badan

Cara meninggikan badan yang pertama ini merupakan doa kepada matahari selaku sumber semua kehidupan di bumi. Oleh karenanya, waktu terbaik untuk merampungkan 12 set gerakannya adalah di pagi hari ketika matahari terbit, dan saat perut masih kosong (sebelum sarapan).

Manfaat: Sun Salutation dapat memperbaiki sirkulasi darah dan memastikan kalau saraf berfungsi dengan baik. Selain itu, gerakan yoga ini juga bisa menstabilkan aktivitas tiroid, mengurangi stres maupun kecemasan. Secara fisik, asana ini bisa memperbaiki fleksibelitas tulang belakang dan menguatkan otot serta sendi.

2.Sukhasana (Pleasant Pose)

sukhasana - gerakan yoga

Sukhasana merupakan salah satu pose yoga asana yang paling mudah sehingga cocok dilakukan oleh siapa saja. Gerakan dasar dari Yoga Vinyasa ini lebih optimal dilakukan pagi hari karena merupakan pose meditasi. Dan bila setelahnya Anda hendak melanjutkan dengan pose lain, maka lakukan sebelum sarapan.

Manfaat: Sukhasana tak hanya membuat punggung kuat, namun juga baik untuk peregangan otot lutut. Pose yoga ini dapat membuat otak rileks sehingga perasaan mudah lelah hilang. Selain itu, tulang belakang juga jadi bertambah panjang dan postur tubuh jadi membaik.

3.Paschimottanasana (Seated Forward Bend)

gerakan yoga dan latihan yoga

Gerakan dasar dari Yoga Hatha ini juga paling baik dilakukan pagi hari saat perut masih kosong. Namun kalau tak sempat, Anda juga boleh melakukannya di malam hari, namun pastikan itu dilakukan 4-6 jam sesudah makan. Saat melakukannya, tahan pose 30-60 detik.

Manfaat: Paschimottanasana baik untuk stretching tulang belakang dan hamstring. Di samping itu, pose yoga ini juga dapat memperbaiki pencernaan sehingga nafsu makan meningkat, menurunkan berat badan, dan mengaktifkan ginjal maupun liver. Kelebihan lain dari gerakan yoga ini adalah dapat mengurangi sakit kepala, mencegah stres, menyembuhkan tekanan darah tinggi serta insomnia.

4.Marjariasana (Cat Pose)

gerakan yoga dan latihan yoga

Sama seperti sebelumnya, gerakan dasar Yoga Ashtanga ini sebaiknya juga dilakukan di pagi hari saat saluran pencernaan masih kosong. Saat melakukannya, tahan posisi selama minimal 10 detik.

Manfaat: Marjariasana membuat tulang belakang fleksibel dan menguatkan bahu. Gerakan yoga ini juga ‘memijat’ serta mengaktifkan organ pencernaan dan membentuk perut dengan cara mengikis lemak berlebih. Di samping itu, cat pose juga dapat membantu melancarkan peredaran darah serta oksigen ke seluruh tubuh.

5.Tadasana (Mountain Pose)

gerakan yoga dan latihan yoga

Anda bisa melakukan cara meninggikan badan simple ini kapan saja dan dimana saja selama 10-20 detik. Namun lebih baik jika melakukannya saat perut kosong.

Manfaat: Tadasana tak hanya memperbaiki postur, tapi juga menguatkan lutut dan paha. Gerakan yoga ini mampu membuat tulang punggung tangkas dan mengurangi kaki datar. Lebih dari itu, asana ini dapat meregulasi sistem pencernaan dan saraf. Dan terakhir, gerakan ini juga berjasa untuk memperbaiki keseimbangan, mengencangkan perut, meningkatkan sirkulasi darah, serta meredakan ketegangan di seluruh tubuh.

6.Vrikshasana (Tree Pose)

gerakan yoga dan latihan yoga

Tak seperti pose yoga lainnya, saat melakukan tree pose, Anda harus membuka mata. Namun waktu terbaik untuk melakukannya tetaplah pagi hari karena pose ini butuh fokus dan konsentrasi tinggi.

Manfaat: lebih dari sekedar menguatkan tulang punggung dan lutut, asana ini dapat memperbaiki koordinasi neuormuskular. Otot kaki jadi kencang karenanya, dan tentunya keseimbangan, fleksibelitas, serta konsentrasi ikut meningkat.

7.Trikonasana (Triangle Pose)

gerakan yoga dan latihan yoga

Setiap yogi tahu kalau lebih mudah membuka mata saat melakukan Trikonasana karena alasan keseimbangan. Anda bisa melakukan gerakan yoga ini sedikitnya 30 detik setiap pagi sebelum sarapan. Pose yoga ini cara meninggikan badan yang jitu.

Manfaat: tak hanya meregangkan otot dan memperbaiki fungsi tubuh, gerakan yoga ini juga bisa menguatkan lutut, kaki; dan baik untuk kaki datar, penderita sakit leher maupun stres. Di samping memperbaiki pencernaan, asana ini juga bisa membuka tulang punggung, pinggul, serta hamstring.

Jadi tunggu apa lagi?! Segera praktekkan cara meninggikan badan dengan 7 yoga asana tadi, dan lihat hasilnya.

Cara Meninggikan Badan dengan 7 Yoga Asana 1

written by:

Ramya Achanta