Beli Matras Yoga Murah – Pilihan Bijaksana ?

Untuk memulai senam yoga, Anda tentunya harus mempunyai yogamat / matras yoga yang cukup baik. Banyak pemula yoga bertanya, apakah saya harus membeli matras yoga yang murah atau yang mahal? Toh sama saja kegunaannya, hanya untuk sebagai alat berlatih yoga…

Membeli matras yoga murah adalah suatu pilihan, demikian juga membeli matras yoga yang mahal.  Namun anda harus mengetahui, bahwa dalam ilmu bisnis dan ekonomi, ada harga ada kualitas yang diberikan.  Dibawah ini adalah perbedaan yang nyata antara matras yoga murah dan mahal:

1. Density / Densitas

Matras yoga murah umumnya tidak mempunyai densitas yang baik.  Matras yoga kempos atau sangat empuk, meskipun matras yoga cukup tebal – yaitu pada kisaran 5mm atau lebih.  Ketebalan matras tidak sama dengan density. Ada matras yang tidak begitu tebal (pada kisaran 4mm), tetapi mempunyai densitas yang sangat bagus. Contohnya adalah Tortue Habitat atau Sticky mat.   Yogamat yang tidak mempunyai densitas baik, tidak dapat digunakan untuk gerakan yoga advance seperti inversion atau posisi terbalik dimana kepala ada dibawah atau lutut dan siku sebagai titik penyangga berat. Karena akan terbentur dengan lantai yang keras dan tulang merasa sakit.

matras yoga licin dan anti-slip

2. Licin atau Slippery

Matras yoga murah umumnya lebih licin meskipun hanya berkeringat sedikit saja.  Kami menerima komplain tentang licinnya yogamat dari beberapa pembeli di web kami, dan setelah kami tanya ternyata biasanya harga matras yoga pada kisaran dari harga Rp 125,000 – Rp 250,000.

Baca: Menyiasati Matras Yoga Licin

3. Permukaan Matras Yoga Cepat Rusak atau Mengelupas

Kami juga menerima komplain adanya permukaan matras yoga yang cepat rusak atau sobek.  Malahan komplain datang dari seseorang yang membeli matras dengan brandname cukup bagus, namun brand name ini tidak spesial dalam membuat matras yoga (asal-asal an kesannya – Nik*). Komplain tersebut mengatakan 5x dipakai matras sudah sobek di pinggir dan sangat licin, dan kempos – tidak ada densitasnya.

Ketiga faktor diatas adalah perbedaan utama antara matras yoga murah dan mahal. Namun anda tetap harus hati-hati, mahal belum tentu juga berkualitas. Karena cukup banyaknya brand-brand baru bertebaran di pasar. Apabila anda memulai yoga, pilihlah matras yang memang sudah terbukti. Biasanya didapat dari testimoni para praktisi yoga yang terpercaya.  Seperti halnya brand name Tortue dan Manduka, sudah pasti yogamat yang mempunyai kualitas prima.