Apa Arti Namaste dalam Yoga?

Saat Anda berlatih yoga dalam kelas atau studio, pelatih Anda biasanya akan menutup latihan dengan mengatakan ‘Namaste,’ dan ucapan ini biasanya disertai dengan gerakan mengatupkan kedua tangan. Pertanyaan pun sering muncul di kalangan murid yoga, terutama yang masih pemula:

“Mengapa para pelatih yoga selalu mengucapkan ‘Namaste’ setelah latihan? Apa arti dari kata ini sebenarnya?”

Untuk jelasnya, Namaste merupakan ucapan yang memiliki makna filosofis sangat dalam dan menggambarkan prinsip ‘masuk ke dalam cakra jantung’ serta menciptakan penyatuan antara pikiran Anda dengan keilahian dalam diri masing-masing.

Apa Makna Harfiah dan Filosofis Arti Namaste?

Namaste sendiri berasal dari kata ‘Nama’ yang berarti ‘membungkuk’ dan ‘te’ yang berarti ‘engkau.’ Jadi, Namaste kurang lebih bermakna ‘aku membungkuk padamu.’ Akan tetapi, makna yang sebenarnya berakar dari sesuatu yang lebih dalam, yaitu kepercayaan bahwa setiap orang memiliki sisi keilahian dalam dirinya, yang berlokasi di cakra jantung, sehingga gerakan ini selalu identik dengan tangan yang dikatupkan di depan jantung.

Mengucapkan kata Namaste saat mengatupkan tangan dan membungkuk sebenarnya lebih sering dilakukan oleh praktisi Barat ketimbang India, karena di India sendiri, banyak yogi yang tak merasa perlu mengucapkan kata tersebut setelah yoga karena merasa bahwa gerakan itu sendiri sudah mewakili makna Namaste.

Untuk Apa Namaste Dipraktekkan?

Ada beberapa alasan Namaste dipraktekkan:

  • Namaste adalah salah satu bentuk meditasi singkat, cocok dilakukan setelah yoga.
  • Arti Namaste merupakan tanda penghormatan dan rasa terima kasih seorang guru pada muridnya.
  • Namaste yang dilakukan bersama oleh guru dan murid menyimbolkan penyatuan jiwa, yang bebas dan lepas dari pikiran egois.
  • Arti Namaste merupakan pernyataan hormat kepada diri sendiri yaitu dengan menghormati prinsip keilahian dalam diri masing-masing.

Biasanya, Namaste malah dilakukan sebelum dan setelah yoga, akan tetapi sekarang ini kebanyakan guru yoga hanya melakukannya setelah latihan. Hal ini karena pikiran dan tubuh dalam keadaan ringan, jernih dan rileks setelah selesai beryoga sehingga makna Namaste bisa lebih meresap.

Jadi, arti Namaste setelah yoga memiliki banyak sekali makna yang mendalam.

Kami mempunyai produk baru yaitu Kurma GECO – made in Spain. Limited offer – 10% Discount dan tepat bagi yang mempunyai telapak tangan sangat berikeringat. Buy Now !

Tags: